SUDAH PAHAM CARA ISI BENSIN YANG AMAN


     Setiap mobil Toyota bermesin bensin maupun diesel tentu sudah pasti rutin untuk pergi ke SPBU untuk mengisi bahan bakar. Sudahkah AutoFamily mengetahui cara isi bensin mobil yang aman?
Sebab, keberadaan setiap orang di SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) harus mematuhi aturan yang berlaku. Aturan tersebut dibuat oleh setiap pengelola SPBU bukan tanpa alasan.
Keselamatan dan keamanan. Kira-kira itulah dua kata kunci kenapa aturan di SPBU harus selalu dipatuhi dan dijalankan oleh setiap orang. Termasuk bagi pengemudi mobil yang hendak mengisi bahan bakar.
SPBU yang memiliki layanan utama pengisian ulang bahan bakar tentu sangat rentan dengan sumber api dan panas. Untuk itulah ada sejumlah perilaku yang tak diperkenankan demi menghindari terjadinya kebakaran dan kecelakaan lainnya.
Cara isi bensin mobil yang aman di SPBU sebenarnya sangat mudah. AutoFamily perlu mengetahui terlebih dahulu posisi tutup tangki bahan bakar mobil Toyota Anda.
Apakah di sisi kanan atau kiri mobil, perlu diketahui sebelum menuju SPBU. Hal ini untuk mempermudah Anda memilih anjungan atau dispenser yang sisinya langsung berhadapan dengan tutup tangki mobil.
Jika tidak, maka akan cukup sulit dan berbahaya bagi keselamatan jika nosel bensin harus menjangkau tangki bensin yang berada agak jauh.
Cara isi bensin mobil yang aman selanjutnya adalah mematuhi aturan yang sangat dasar, yaitu tidak merokok di dalam area SPBU. Seperti yang kita ketahui bahwa api atau bara rokok menjadi satu potensi penyulut api lebih besar jika tersambar bahan bakar.
Merokok di area SPBU dapat berakibat fatal. Untuk itu hal ini sangat dilarang dan sifatnya sangat wajib dipatuhi oleh seluruh pengunjung, termasuk AutoFamily yang tengah mengisi bensin.
Selanjutnya adalah mematikan mesin mobil Anda. Sebab mesin mobil yang menyala dapat menjadi sumber potensi api. Hal ini dikarenakan adanya sumber panas dan arus listrik di mobil yang menyala.
Itulah sejumlah cara isi bensin mobil yang aman di SPBU. Utamakan selalu keselamatan mengemudi, patuhi selalu aturan yang berlaku di SPBU.

You might be interested in …