PILIHAN REST AREA TOL CIPALI YANG NYAMAN


    Tol Cikopo-Palimanan atau sering dikenal dengan Tol Cipali adalah salah satu ruas tol Trans Jawa yang selalu ramai oleh lalu-lalang kendaraan. Ruas jalan tol yang panjang yakni mencapai 116 km, tentu dapat membuat Anda kelelahaan selama berkendara melalui tol Cipali.
Namun Anda tidak perlu memaksakan diri untuk mengemudi karena tol Cipali telah dilengkapi dengan fasilitas rest area yang lengkap. Keberadaan rest area membuat pengemudi dapat beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan kembali. Keberadaanya bahkan sangat berguna saat Anda harus menempuh jarak yang jauh seperti perjalanan mudik lebaran.
Di tol Cipali sendiri ada beberapa tipe rest area, yakni tipe A dan B. Masing-masing menyediakan ruang yang cukup bagi pengemudi dan penumpang kendaraan untuk beristirahat. Cari tahu lebih lanjut soal rest area tol Cipali melalui penjelasan di bawah ini.
Pilihan Rest Area Tol Cipali Berdasarkan Tipenya
Terdapat tiga tipe rest area yang bisa ditemukan di sepanjang tol Cipali. Berikut ini adalah penjelasannya dan juga rekomendasi lokasi rest area di ruas tol Cipali berdasarkan masing-masing tipenya.
1. Rest Area Tipe A
     Rest area tipe A adalah rest area besar yang memiliki fasilitas umum lebih lengkap. Perbandingan yang paling signifikan ialah adanya SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) di rest area tipe A.
Selain SPBU, rest area tipe A juga memiliki fasilitas umum yang bisa digunakan pengguna jalan tol seperti area parkir, musala, pujasera atau tempat makan, ATM (Anjungan Tunai Mandiri), toilet umum, minimarket, layanan kesehatan, hingga bengkel siaga.
Ada empat rest area tol Cipali dengan tipe A ini, yaitu di KM 101, KM 102, KM 164, dan KM 166. Rest area KM 101 dan KM 164 arah Jakarta, sedangkan rest area KM 102 dan KM 166 arah Palimanan.
2. Rest Area Tipe B
      Selain rest area tipe A, tol Cipali juga memiliki rest area tipe B. Rest area tipe B lebih kecil daripada tipe A dan tidak memiliki SPBU. Meski begitu, rest area tipe B pun sudah cukup lega untuk beristirahat sejenak saat Anda menempuh perjalanan jauh.
Rest area tol Cipali tipe B juga dilengkapi fasilitas umum yang serupa dengan tipe A, seperti area parkir, musala, minimarket, toilet umum, pujasera atau tempat makan, hingga ATM.
Tol Cipali memiliki empat rest area tipe B yang tersebar di empat titik, yaitu KM 86 A, KM 86 B, KM 130 A, dan KM 130 B. Untuk rest area KM 86 A dan KM 130 A berada di jalur yang menuju arah Cirebon. Sementara itu, rest area KM 86 B dan KM 130 B ada pada jalur yang menuju arah Jakarta.
3. Parking Bay
      Selain rest area, tol Cipali juga dilengkapi dengan fasilitas parking bay atau area parkir khusus istirahat. Ada dua titik parking bay di tol Cipali. Untuk arah Cirebon, parking bay ada di KM 153. Sedangkan untuk arah menuju Jakarta, Anda bisa menemukannya di KM 155.
Di samping area parkir, parking bay ini juga memiliki fasilitas toilet umum. ​​​​​Beberapa rest area tol Cipali merupakan rest area unggulan yang memiliki fasilitas lengkap.
Salah satunya adalah rest area KM 166. Rest area ini memiliki lahan parkir yang luas, masjid, ruang laktasi (nursing room), playground untuk anak-anak, hingga sentra kuliner dengan konsep resto-café bernama The Plaza.
Semoga pembahasan mengenai rest area tol Cipali ini membantu AutoFamily saat berkendara menempuh perjalanan jauh nanti. Jangan lupa untuk melakukan service di bengkel Auto2000 sebelum melakukan perjalanan jauh ya.
Kunjungilah Auto2000 Digiroom sekarang juga apabila AutoFamily ingin melakukan service berkala. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, silakan lakukan booking layanan THS-Auto2000 Home Service melalui website Auto2000.

You might be interested in …