PENYEBAB DAN SOLUSI LAMPU SEN TIDAK BERKEDIP SEBELAH


     Lampu sein merupakan salah satu komponen penting yang pasti ada pada setiap mobil. Lampu sein berada pada bagian kanan dan kiri mobil untuk memberikan tanda melalui lampu yang berkedip. Namun, terkadang muncul permasalahan lampu sein tidak berkedip sebelah yang dapat membahayakan AutoFamily maupun pengendara lain. Maka dari itu, artikel Auto2000 kali ini akan membagikan informasi penting seputar penyebab dan solusi permasalahan lampu sein.
Apa Itu Lampu Sein?
     Lampu sein merupakan bagian pada mobil yang menjadi alat komunikasi antar pengendara saat mobil akan berpindah arah. Komponen ini harus ada pada semua mobil sebab menjadi penanda utama saat sebuah mobil akan berbelok sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan.
Saat dinyalakan, lampu sein akan berkedip pada seluruh bagian yang tersedia yaitu dua pada bagian depan dan dua pada bagian belakang. Lampu sein umumnya dipasang dengan warna lampu kuning agar dapat terlihat pada seluruh kondisi cuaca dan setiap waktu baik siang maupun malam.
Fungsi Lampu Sein
    Umumnya, lampu sein berfungsi sebagai tanda bahwa mobil akan berbelok. Namun, menyalakan lampu sein juga memiliki banyak fungsi lainnya saat berkendara. Beberapa fungsi menyalakan lampu sein antara lain:
Lampu sein berfungsi sebagai tanda bahwa mobil akan berpindah jalur. Hal ini akan membuat pengendara lain memperlambat kecepatan dan memberikan kesempatan kepada mobil Anda untuk berpindah jalur.
Lampu sein berfungsi untuk memberi isyarat pada pengendara lain bahwa mobil akan mendahului, sehingga mobil pada sisi depan dan belakang dapat memperlambat kecepatan dan tidak berpindah jalur secara tiba-tiba.
Lampu sein juga berfungsi sebagai tanda saat Anda akan menepi. Ketika lampu sein dinyalakan, pengendara pada sisi belakang akan menghindari mendahului melewati sisi Anda berhenti dan dapat segera berpindah jalur untuk menghindari kemacetan.
Bahaya Lampu Sein yang Tidak Menyala Dengan Benar
Menggunakan lampu sein yang tidak sesuai dengan perpindahan arah dapat membahayakan mobil Anda maupun pengendara lain. Anda pasti telah memahami bahwa saat lampu sein menyala baik kanan maupun kiri, maka menandakan bahwa mobil akan berpindah menuju arah kanan atau kiri.
Jika lampu sein dinyalakan ke salah satu bagian namun berbelok ke bagian lain, hal ini dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan sebab pengendara lain mengartikan sinyal sesuai dengan tanda lampu yang diberikan.
Selain itu, melakukan perpindahan jalur secara langsung tanpa menyalakan lampu sein juga sangat berbahaya. Pengendara lain cenderung berkendara sesuai dengan aturan kecepatan normal di jalan raya. Dengan kecepatan tersebut, mobil akan melakukan pengereman mendadak dan sangat mungkin untuk terjadi kecelakaan dengan mobil lain pada sisi belakang.
Hal tersebut merupakan salah satu etika buruk berkendara yang harus Anda hindari, sebab terdapat banyak pengendara lain pada setiap perjalanan. Untuk itu penting untuk memahami bagaimana cara berkendara yang baik serta mengerti fungsi-fungsi komponen mobil terutama pada komponen yang menjadi alat komunikasi antar pengendara.
3 Penyebab Lampu Sein Tidak Berkedip Sebelah
Anda telah mengetahui informasi seputar lampu sein beserta fungsi dan bahayanya. Selanjutnya, ketahui penyebab lampu sein mati untuk membantu menentukan solusi yang tepat sehingga lampu sein dapat dibenahi segera. Berikut merupakan penyebab lampu sein tidak berkedip:
1. Masalah Pada Flasher Sein
     Lampu sein yang tidak berkedip dapat disebabkan oleh komponen flasher yang bermasalah seperti mati atau kotor, sehingga mengganggu kinerja lampu. Flasher pada lampu sein ini berfungsi untuk mengalirkan listrik agar lampu sein dapat menyala. Maka dari itu, kondisi flasher memengaruhi peran lampu sein pada mobil.
2. Masalah Pada Kabel Lampu
      Untuk memberikan perintah lampu menyala dari sistem kemudi ke lampu sein, digunakan kabel untuk menghubungkan keduanya. Apabila kabel bermasalah karena jarang melakukan servis dan pengecekan, maka perintah tidak dapat diterima dengan baik dan lampu sein tentu tidak dapat menyala.
3. Masalah Pada Aki Mobil
      Penyebab terbesar lampu sein tidak menyala dengan baik adalah timbulnya masalah pada aki sehingga tidak adanya daya listrik yang dapat menghidupkan lampu sein. Aki pada mobil harus memiliki tegangan listrik yang baik agar berfungsi dengan baik.
Kunjungilah Bengkel Auto2000 Terdekat
     Setelah mengetahui beragam hal penyebab lampu sein mati sebelah, tentu AutoFamily penasaran langkah apa yang selanjutnya harus dilakukan. Pengecekan dan perbaikan menjadi hal selanjutnya yang harus dilaksanakan.
Solusi terbaik untuk melakukan pengecekan dan perbaikan komponen mobil Toyota adalah mengunjungi bengkel resmi Auto2000. Permasalahan pada beberapa komponen seperti flasher sein tidak dapat diperbaiki sendiri karena membutuhkan keahlian khusus dan penggantian flasher dengan kualitas yang baik jika diperlukan.
Tak hanya itu, membuka bagian mesin dan komponen mobil lain juga harus dilakukan oleh tenaga profesional untuk meminimalisir kesalahan dan risiko kerusakan pada bagian lainnya. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan.
Berbagai masalah pada mobil dapat dicegah apabila dilakukan pengecekan berkala saat mobil terasa tidak nyaman, untuk itu penting bagi AutoFamily melakukan service berkala di Auto2000. Melalui pengecekan pada service berkala akan mencegah terjadinya lampu sein tidak berkedip sebelah.
Auto2000 juga menyediakan berbagai mobil Toyota terbaik seperti Toyota New Kijang Innova yang dapat memaksimalkan kenyamanan saat berkendara. Selain itu, Auto2000 memiliki teknisi profesional yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan pada mobil Toyota AutoFamily.

You might be interested in …