MENGENALI KEGUNAAN BIODIESEL PADA MOBIL DIESEL TOYOTA


   Apa saja kegunaan biodiesel sebagai alternatif bahan bakar diesel? AutoFamily seharusnya sudah tidak asing dengan istilah biodiesel. Istilah ini muncul sejak tahun 2008 di Indonesia. Biodiesel diperkenalkan pemerintah sebagai alternatif dari bahan bakar mesin diesel. Tetapi apakah Anda tahu apa itu biodiesel? Bahan apa yang terkandung di dalam biodiesel? Dan mengapa pemerintah menganjurkan penggunaan biodiesel sebagai bahan bakar pada mobil bermesin diesel? Semua pertanyaan ini dapat AutoFamily temukan dengan membaca informasi biodiesel di bawah ini.
Apa Itu Biodiesel?
   Biodiesel disebut-sebut sebagai alternatif karena sebagian bahannya terbuat dari bahan terbarukan. Solar yang terbuat dari bahan bakar fosil mengacu kepada energi yang tidak bisa dibarukan. Apabila bahan bakar fosil habis maka seluruh masyarakat tidak bisa menggunakan kendaraan mereka. Itu sebabnya biodiesel hadir menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Proses pembuatannya dilakukan dengan proses kimia yang menggunakan metanol dan natrium hidroksida untuk memisahkan gliserol dari lemak hewan. Hasil dari pemisahan inilah yang akan menciptakan biodiesel.
3 Kegunaan Biodiesel
    Penggunaan biodiesel saat ini tidak sebanyak orang-orang yang masih menggunakan bahan bakar fosil atau bahan bakar minyak lainnya. Padahal biodiesel memiliki kegunaan yang tidak boleh dilewatkan oleh masyarakat. Memang apa saja kegunaannya?
1. Menjaga Lingkungan
     Benar! Penggunaan biodiesel dapat menjaga lingkungan. Selama ini penggunaan bahan bakar fosil dan minyak sebenarnya tidak bermasalah bagi mesin kendaraan. Hanya saja hal ini bermasalah bagi lingkungan. Sisa hasil pembakaran di dalam mesin yang keluar dalam bentuk gas sangat mencemari lingkungan. Hal ini khususnya sangat mencemari udara di Indonesia. Pemberitaan media akhir-akhir ini menjelaskan bahwa kualitas udara di Indonesia makin buruk karena penggunaan bahan bakar fosil dan minyak bumi. Itu sebabnya penggunaan biodiesel diharapkan dapat menjaga lingkungan serta mengurangi pencemaran udara di Indonesia.
2. Mengurangi Pemanasan Global
     Sisa hasil pembakaran kendaraan yang terbuang dalam bentuk emisi karbon dioksida sangat mempercepat kenaikan suhu bumi. Hal ini terjadi karena memang BBM mengandung berbagai gas berbahaya lainnya seperti metana, sulfur dioksida, nitrogen oksida, dan karbon monoksida. Penggunaan biodiesel di sisi lain tidak menghasilkan semua gas berbahaya tersebut. Jika seluruh masyarakat berganti BBM ke biodiesel maka peningkatan suhu global dapat diperlambat.
3. Dapat Digunakan untuk Sumber Energi Lainnya
     Hampir sama seperti bahan bakar fosil, biodiesel juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan kehidupan manusia.
Pembuatan biodiesel memang diharapkan dapat menggantikan BBM sepenuhnya dalam suatu waktu mendatang. Itu sebabnya tidak heran jika biodiesel juga dapat digunakan untuk banyak hal selain kendaraan.
5 Kelebihan Biodiesel Sebagai Bahan Bakar
    Jika masih ragu untuk beralih menggunakan biodiesel maka mengetahui beberapa kelebihannya dapat membantu meyakinkan Anda. Berikut lima kelebihan biodiesel sekaligus masing-masing penjelasannya.
1. Proses Pembakaran Lebih Bersih
     Proses pembakaran biodiesel pada mesin kendaraan dikenal lebih bersih daripada bahan bakar fosil. Hal ini dapat terjadi karena biodiesel memang tidak mengandung bahan berbahaya seperti sulfur.
2. Emisi Karbon Dioksida Rendah
     Biodiesel masih mengeluarkan gas karbon dioksida yang berdampak bagi pemanasan global. Namun gas yang dihasilkan oleh biodiesel didapati lebih rendah. Bahkan ada suatu penelitian yang menemukan bahwa gas karbon dioksida yang dihasilkan 75% lebih sedikit daripada bahan bakar fosil.
3. Membersihkan Bagian dalam Mesin
     Penggunaan biodiesel juga terbukti positif pada mesin kendaraan Anda. Biodiesel yang memiliki sifat pelarut dapat membersihkan bagian dalam mesin. Setiap sisa pembakaran yang tidak sempurna dari penggunaan bahan bakar fosil dapat dibersihkan oleh biodiesel.
4. Kinerja Mesin lebih Efisien
     Kinerja mesin mobil Anda dapat lebih efisien. Angka setana yang dimiliki oleh biodiesel tidak kalah dengan bahan bakar fosil yang terjual bebas di pasaran. Setidaknya biodiesel masih berada dalam jangkauan yang aman dan bagus untuk mobil yaitu 48-51 CN.
5. Cocok untuk Semua Mesin Diesel Modern Mobil Toyota
      Penggunaan biodiesel sebagai bahan bakar alternatif tidak membutuhkan pembaruan mesin apa pun. Itu sebabnya Anda bisa langsung menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Semua mobil mesin diesel bahkan yang sudah tua sekalipun dapat menggunakan biodiesel.
Konsumsi Solar Rekomendasi Pabrikan Toyota
Penggunaan biodiesel sebagai bahan bakar kendaraan bermotor memang belum sepenuhnya dilakukan oleh masyarakat. Hal ini wajar saja karena masyarakat sudah terbiasa dengan penggunaan BBM lain yang sudah ada sejak lama. Tidak apa-apa jika Anda tidak menggunakan biodiesel untuk mobil kesayangan. Tetapi Anda harus menggunakan bahan bakar solar yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan Toyota. Anda harus memastikan bahwa solar yang digunakan memiliki kualitas tinggi. Pasalnya penggunaan BBM yang tidak berkualitas akan menurunkan performa mesin saat berkendara. Bahkan lebih parahnya mesin mobil kesayangan Anda bisa rusak. Tentu Anda tidak mau mobil mengalami masalah, bukan? Oleh karena itu penggunaan bahan bakar untuk mobil kesayangan Anda tidak bisa sembarangan

You might be interested in …