MENGENAL MACAM-MACAM MOBIL DAN PERBEDAANNYAA


     Sejak awal diproduksi hingga masa kini, kendaraan bermotor roda empat telah mengalami banyak perubahan signifikan. Tipe kendaraan semakin bervariasi dan menawarkan berbagai pilihan.
Macam-macam mobil pun kini dapat AutoFamily temukan dengan mudah. Sebut saja tipe mobil MPV, SUV, sedan, hatchback, sport, hingga hybrid. Tentunya masing-masing tipe memiliki karakteristik berbeda. Agar tidak salah pilih ketika ingin membeli mobil, yuk kenali dulu spesifikasi tiap tipenya!
1. Mobil ​​​​​​MPV
Multi-Purpose Vehicle atau kadang disebut sebagai MPV adalah salah satu dari macam-macam mobil populer di Indonesia. Konsep mobil MPV memang didesain dengan kabin yang luas sehingga mampu menampung banyak penumpang.
MPV adalah jenis mobil yang menawarkan rasa nyaman terbaik bagi penumpang dan pengendara. Mobil ini memiliki kapasitas kira-kira enam sampai tujuh penumpang orang dewasa.
Tidak heran bila jenis mobil MPV banyak jadi pilihan AutoFamily sebagai mobil keluarga. Anda bisa mengajak pasangan, anak, dan anggota keluarga lain untuk berlibur atau sekadar jalan-jalan. Mobil ini juga memiliki bagasi luar untuk menyimpan barang-barang.
Apalagi bagian bagasi belakang yang menawarkan area luas untuk membawa barang banyak, semakin membuat MPV jadi pilihan terbaik keluarga. Contoh mobil MPV ada Toyota Avanza, Toyota Veloz, Toyota Innova, Toyota Sienta, dan lain-lain.
2. Mobil SUV
Hampir mirip dengan MPV, SUV juga memiliki konfigurasi kursi penumpang yang bisa muat hingga maksimal tujuh orang. SUV atau dikenal pula sebagai Sport Utility Vehicle adalah macam-macam mobil yang didesain dengan ground clearance tinggi.
Artinya, jarak antara bodi mobil ke tanah cukup tinggi. Eksterior SUV terlihat sangat kokoh serta gahar, terbukti dari bodi luarnya yang besar serta menjadi ciri khas. Daya tampung penumpangnya juga tidak kecil.
Selain itu, sektor dapur pacunya yang dilengkapi dengan mesin tenaga besar juga membuat jenis mobil SUV cocok dipakai pada medan on-road maupun off-road. Beberapa contoh mobil SUV ada Toyota Raize, Rush, Corolla Cross, dan lain-lain.
Baca juga: Perbedaan SUV dan MPV pada Mobil
3. Mobil Sedan
Selain mobil berkapasitas penumpang banyak, ada juga macam-macam mobil dengan ukuran yang lebih kecil, yaitu sedan. AutoFamily dapat mengenali kendaraan roda empat ini dari desainnya yang seolah “ceper” dan lebih rendah daripada SUV ataupun MPV. Mobil sedan biasanya memiliki konfigurasi tempat duduk untuk maksimal lima orang saja.
Dari segi ukuran dan jumlah penumpang, sedan mungkin kalah dari MPV maupun SUV. Namun, dari segi mesin kendaraan, jenis mobil yang memilki kapasitas serta ukuran tidak terlalu besar ini tetap tangguh dan kuat untuk perjalanan jauh.
Anda bisa memilih tipe sedan idaman, baik itu small sedan, medium, large, large luxury, medium luxury, dan small luxury. Beberapa contoh mobil sedan ada Toyota Vios, Toyota Camry, dan Toyota Altis.
Baca juga: Review Toyota All New Corolla Altis
4. Mobil Hatchback
Hatchback masuk ke dalam macam-macam mobil yang bagian kabinnya menyatu dengan ruang bagasi. Karena menyatu, maka jenis mobil hatchback ini sering disebut sebagai sedan tanpa “ekor” atau “buntut”. Bagian belakang mobil didesain lebih pendek sehingga ruang bagasi memang kesannya terbatas.
Namun, bukan berarti AutoFamily tidak dapat membawa banyak barang. Meski kapasitas bagasinya minim, namun jika bangku penumpang belakang dilipat, Anda akan mendapat ruang bagasi yang lebih luas.
Mobil jenis hatchback memang lebih cocok untuk yang masih single karena ini bukan termasuk mobil yang memiliki kapasitas besar untuk digunakan keluarga. Jenis mobil hatchback ada Toyota Yaris dan Toyota Agya.
Baca juga: Inspirasi Modifikasi Toyota Agya
5. Mobil Hybrid
Jenis mobil yang terakhir adalah hybrid. Tipe kendaraan ini termasuk paling canggih karena telah menerapkan inovasi pada sumber tenaganya.
Jika mobil lain hanya menggunakan bahan bakar sebagai sumber tenaga, maka hybrid menggunakan dua sekaligus, yaitu mesin berbahan bakar dan motor listrik.
Hybrid akan sangat meminimalisir penggunaan bahan bakar, sebab mobil ini bisa mengetahui kapan harus menggunakan bensin, listrik, ataupun keduanya. Pastinya teknologi dalam hybrid membuatnya lebih ramah lingkungan.
Salah satu contoh mobil hybrid yang bisa digunakan adalah Toyota Corolla Cross dengan berbagai fitur terdepan.

You might be interested in …