MENGENAL APA ITU VALET PARKING DAN FUNGSINYA


    Beberapa pusat perbelanjaan, restoran, dan hotel di kota-kota besar kini telah menerapkan valet parking. Apa itu valet parking? Secara literal, valet parking artinya kegiatan memarkir kendaraan yang dilakukan oleh seorang petugas. Dalam hal ini, pemilik kendaraan tidak perlu lagi memarkirkan mobilnya secara mandiri, karena ada petugas yang akan membantu.
Apa itu Valet Parking?
Valet parking merupakan sebuah layanan untuk memarkirkan kendaraan yang dilakukan oleh seorang petugas. Petugas valet biasanya mengenakan seragam formal seperti dasi, kemeja, dan sarung tangan. Petugas valet ini akan disediakan oleh tempat parkir dari lokasi kunjungan Anda.
Valet parking sering digunakan di tempat ramai atau tempat yang susah memarkirkan mobil. Tempat-tempat tersebut seperti mall, rumah sakit, dan tempat besar lainnya. Kehadiran valet parking sendiri yaitu untuk memudahkan pengendara dalam memarkirkan kendaraan dan memaksimalkan penggunaan area parkir.
Sebenarnya jasa valet sudah digunakan sejak lama dari pertengahan abad. Saat itu, valet biasanya bertugas untuk mengantarkan kuda ke tempat penyimpanan atau mengantarkan surat pribadi.
3 Fungsi Valet Parking
   Perbedaan antara valet parking dan parkir tradisional yaitu ketika Anda menggunakan parkir valet, Anda tidak perlu memarkir mobil sendiri. Anda hanya perlu menyerahkan mobil kepada petugas valet, lalu petugas tersebut akan memarkirkan mobil dengan aman. Selain itu, terdapat beberapa fungsi dari valet parking lainnya yang akan diuraikan di bawah ini.
1. Menghemat Waktu Pemilik Kendaraan
     Ketika pengendara memilih menggunakan valet parking biasanya untuk efisiensi waktu. Terkadang, mencari tempat parkir sendiri itu cukup menguras waktu dan energi. Ada saja kendalanya, mulai dari tempat parkir yang penuh, kendaraan yang tidak tertata rapi, hingga area parkir yang tidak dimaksimalkan dengan baik.
Nah, dengan kehadiran valet parking ini, Anda tidak perlu lagi mengalami hal tersebut. Cukup memberikan kunci mobil Anda kepada petugas, mobil Anda akan terparkir di tempat yang aman.
2. Mengurangi Kasus Pencurian Kendaraan
     Setelah Anda menyerahkan mobil ke petugas valet, maka petugas tersebut yang akan bertanggung jawab atas keselamatan mobil Anda. Oleh sebab itu, menjadi petugas valet bukan sesuatu yang mudah, karena memiliki tanggung jawab yang cukup besar.
Petugas valet akan bertanggung jawab membawa mobil Anda keluar dan masuk dari tempat parkir. Hal inilah yang kemudian dapat mengurangi kasus pencurian kendaran, karena mudah untuk mengetahui siapa yang akan membawa mobil Anda dari tempat parkir.
3. Efisiensi Lahan Parkir
     Saat memarkirkan mobil sendiri, terkadang mengalami kesulitan yang disebabkan posisi parkir mobil lain yang tidak teratur. Ketika Anda menggunakan jasa valet parking, tidak perlu lagi mengalami kesulitan tersebut. Petugas akan memarkirkan mobil Anda dengan posisi parkir yang lebih efisien.
3 Tugas Valet Parking
    Menjadi petugas valet parking harus bisa mengemudikan semua jenis kendaraan, mulai dari mobil manual, automatik, hingga kendaraan-kendaraan mewah dengan baik. Petugas valet diberikan tanggung jawab agar kendaraan tersebut tidak tersenggol saat diparkirkan.
Selain itu, kejujuran dari seorang petugas valet sangat penting, agar barang-barang berharga yang tertinggal di mobil tidak diambil, melainkan dijaga dengan baik. Adapun tugas valet parking selain memarkirkan mobil akan diuraikan di bawah ini.
1. Mengonfirmasi Kondisi Kendaraan
    Sebelum memarkirkan mobil, petugas valet setidaknya harus memeriksa kondisi mobil terlebih dahulu. Apabila ada kerusakan, maka harus dikonfirmasi kepada pemilik kendaraan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman antara pengendara dan petugas valet tersebut.
2. Memarkirkan Kendaraan dengan Aman
     Setelah memeriksa kondisi kendaraan, petugas valet bertanggung jawab memarkirkan kendaraan dengan aman. Mulai dari posisi parkir yang tidak menyebabkan mobil berpotensi mengalami goresan, hingga isi mobil yang masih utuh saat dikembalikan.
3. Mengembalikan Kendaraan Tepat Waktu
     Biasanya, petugas valet tidak hanya memarkirkan satu mobil saja. Kondisi ini terkadang menyebabkan petugas valet kewalahan. Akibatnya, pemilik kendaraan harus menunggu agak lama saat mobilnya akan dikeluarkan dari area parkir.
Belum lagi kondisi area parkir yang penuh membuat petugas valet kerepotan untuk mengatur kendaraan yang akan keluar dari area parkir. Kendala tersebut menjadi penyebab petugas valet tidak tepat waktu dalam mengembalikan mobil. Dalam hal ini, petugas valet harus mencari cara agar kendaraan dapat dikembalikan tepat waktu.
Demikian penjelasan mengenai apa itu valet parking, beserta fungsi dan tugasnya. Menggunakan jasa valet parking memang memberikan Anda kemudahan, apalagi saat mengunjungi tempat-tempat yang sulit menemukan lahan parkir. Cukup berikan kunci mobil, maka petugas valet akan memarkirkan mobil di area parkir yang aman.

You might be interested in …