MENGENAL APA ITU BRAKE SISTEM: KOMPONEN,FUNGSI,DAN CARA KERJA


   Brake system adalah sebuah sistem mekanis yang berfungsi mengurangi kecepatan mobil. Brake system disebut juga sebagai sistem pengereman yang mengurangi kecepatan atau laju kendaraan dengan perangkat mekanis maupun hidrolis.  Rem yang paling sering digunakan produsen kendaraan terdiri dari dua sistem, yaitu sistem cakram dan sistem tromol. Pada kedua sistem tersebut, brake system mengubah gaya kinetik pada putaran poros roda menjadi energi panas. Kemudian secara bertahap energi panas tersebut dilepaskan ke udara.
Untuk memahami secara lebih jauh tentang brake system serta fungsi dan cara kerjanya, mari simak uraian di bawah ini secara saksama.
Apa Itu Brake System?
    Brake system atau sistem pengereman berfungsi mengendalikan kecepatan laju kendaraan dengan menerapkan sistem mekanik. Sistem pengereman ini merupakan bagian yang sangat penting dalam kendaraan.
Dalam proses kerjanya, sistem ini melibatkan banyak komponen. Mulai dari kampas rem, rotor cakram, tromol, minyak rem, hingga tuas kontrol yang berada di sisi pengemudi. Apabila komponen ini mengalami masalah, maka sistem pengereman ini tidak dapat berfungsi dengan baik.
Sebab itu, AutoFamily perlu melakukan perawatan berkala di bengkel Auto2000 untuk memastikan komponen pengereman selalu bekerja secara optimal.
3 Fungsi Brake System
   Pada dasarnya sistem pengereman ini berfungsi memperlambat laju kendaraan. Dalam kata lain, brake system dapat menjadi alat yang menjamin keamanan dan keselamatan para pengendara. Berikut fungsi dari sistem pengereman pada kendaraan.
1. Mengurangi Kecepatan Kendaraan
    Saat AutoFamily mengendarai kendaraan, sistem pengereman ini akan bekerja mengurangi kecepatan kendaraan saat Anda menekan pedal rem. Proses pengurangan kecepatan ini dapat terjadi secara berkala atau drastis tergantung bagaimana pengendara menekan pedal rem tersebut.
2. Menahan Kendaraan
     Selain mengurangi kecepatan, sistem rem ini dapat menahan kendaraan agar tidak bergerak maju atau mundur. Bisa dikatakan juga rem ini berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan.
Ketika AutoFamily hendak memarkirkan kendaraan di tempat yang tidak rata, maka AutoFamily dapat menggunakan sistem pengereman ini menggunakan fitur hand brake atau rem parkir.
3. Menjaga Keselamatan Pengendara
     Sistem pengereman dapat mengurangi laju kendaraan dengan jarak sekecil mungkin untuk menjaga keselamatan dan keamanan pengendara, terutama agar tidak bertabrakan dengan pengendara lain.
6 Komponen Brake System yang Penting
    Terdapat beberapa komponen penting yang mendukung cara kerja brake system. Tanpa komponen-komponen ini, brake system adalah mekanisme yang tidak akan bekerja secara optimal. Apa saja komponen tersebut? Mari simak di bawah ini.
1. Disc Brake
 Disc brake atau rem cakram akan bekerja menggunakan cakram sebagai media pengereman. Cakram akan berputar bersamaan dengan roda. Ketika pedal rem ditekan, maka rem akan menjepit cakram, sehingga kecepatan putaran cakram akan berkurang.
2. Drum Brake
 Cara kerja drum brake atau rem tromol hampir sama dengan rem cakram. Tromol sebagai media pengereman akan berputar bersamaan dengan roda. Saat pedal rem ditekan, kanvas rem akan menekan tromol hingga kecepatan kendaraan berkurang.
3. Proportioning Valve
 Katup proporsi atau proportioning valve berfungsi sebagai penyeimbang tekanan antara rem bagian depan dan rem bagian belakang. Untuk rem bagian belakang biasanya diturunkan atau lebih kecil dibandingkan rem bagian depan.
4. Brake Booster
 Komponen ini berfungsi meringankan pengendara saat menginjak pedal rem. Saat pedal tersebut akan digunakan, pengendara tidak perlu mengeluarkan banyak energi, karena terdapat booster rem yang akan membantu meringankan proses pengereman tersebut.
5. Brake Pedal
  Pedal rem atau brake pedal termasuk salah satu komponen rem cakram yang berfungsi untuk mengaktifkan sistem pengereman pada kendaraan. Umumnya, pedal rem ini dibuat dengan tuas yang agak panjang untuk menyesuaikan kebutuhan.
6. Parking Brake Lever
   Parking brake lever dikenal juga dengan sebutan rem tangan atau rem parkir. Berfungsi menjaga kendaraan tetap diam, terutama ketika AutoFamily parkir di tempat yang tidak rata, seperti jalan yang naik atau turun.
Bagaimana Cara Kerja Brake System?
Cara kerja brake system pada dasarnya mengubah energi gerak menjadi energi panas. Energi panas ini didapatkan ketika AutoFamily sedang melakukan pengereman. Pada proses pengereman akan terjadi gaya gesekan antara piringan, pad rem dan kanvas rem yang menimbulkan panas.
Energi panas ini harus segera dihilangkan dengan cara diserap oleh udara. Apabila terjadi panas yang berlebihan, maka akan mengurangi daya pengereman bahkan mengakibatkan rem menjadi macet. Jangan sampai hal ini terjadi, apalagi saat AutoFamily sedang melakukan perjalanan jauh.
Brake system adalah sistem mekanis yang penting dalam sebuah kendaraan. Sebab itu, sistem rem ini harus dirawat dengan baik, supaya kinerja rem tetap stabil dan optimal. Sistem pengereman yang baik dapat menjamin keamanan dan keselamatan AutoFamily dari berbagai risiko kecelakaan selama berkendara.

You might be interested in …