KETAHUI PENYEBAB KACA MOBIL TIDAK BISA NAIK


  Kaca mobil tidak bisa naik seringkali terjadi karena power window yang bermasalah. Power window merupakan perangkat elektronik yang berfungsi menaikkan dan menurunkan kaca mobil. Masalah yang terjadi pada power window dapat menyebabkan kaca mobil macet dan susah dibuka.
Kaca mobil yang tidak bisa dibuka memang mengganggu. Apalagi saat AutoFamily hendak membayar tol atau saat musim hujan tiba. Namun, Anda tidak perlu khawatir dan bingung, karena ada bengkel Auto2000 yang bisa mengembalikan fungsi power window seperti sediakala.
5 Penyebab Kaca Mobil Tidak Bisa Naik
  Selain power window yang bermasalah, terdapat penyebab lain mengapa kaca mobil tidak bisa naik. Mulai dari terjadinya korsleting, lepasnya regulator kaca mobil, hingga kurangnya perawatan pada kaca mobil. Kalau begitu, mari simak masing-masing penjelasannya.
1. Terjadi Korsleting pada Sekring
  Power window terdiri dari berbagai komponen, salah satunya sekring atau fuse. Sekring ini berpotensi mengalami korsleting apabila tidak dilakukan pemeriksaan berkala. Sedangkan, kaca mobil hanya bisa dibuka kalau sekring tersebut tidak bermasalah. Begitupun sebaliknya, kalau sekring kaca mobil bermasalah maka sudah pasti power window tidak akan berfungsi lagi. Hal inilah yang menyebabkan kaca mobil Anda macet atau bahkan tidak bisa dibuka.
2. Sakelar Terbakar
  Korsleting pada power window dapat disebabkan oleh sakelar yang terbakar. Bisa juga dikarenakan plastik pada sakelar sudah aus. Kedua hal tersebut menjadi penyebab power window tidak berfungsi secara maksimal. Akibatnya, kaca mobil sulit dibuka. Sistem kelistrikan yang bermasalah pada mobil harus segera diperbaiki oleh mekanik profesional. Supaya tidak menimbulkan permasalahan lain yang mungkin muncul. Bengkel Auto2000 terdekat dapat menjadi pilihan Anda dalam melakukan pengecekan tersebut.
3. Dinamo Power Window Bermasalah
  Dinamo berfungsi menjalankan regulator agar kaca mobil dapat dibuka. Dinamo pada power window terletak di bagian pintu mobil atau dibalik door trim mobil. Apabila dinamo bermasalah dapat menyebabkan terjadinya korsleting pada power window. Akibatnya, power window tidak dapat berfungsi dengan baik dan kaca mobil Anda tidak dapat dibuka.
4. Lepasnya Dudukan Regulator Kaca Mobil
  Dudukan regulator memiliki peran penting dalam proses membuka kaca mobil. Hal ini karena regulator berfungsi sebagai penggerak kaca dengan bantuan motor pada power window. Masalah yang sering timbul pada regulator disebabkan oleh gerigi yang aus dan dudukan yang terlepas.
5. Kurangnya Perawatan Kaca Mobil
  Debu atau kotoran dapat menempel pada kaca mobil dan power window. Apabila dibiarkan, maka debu akan semakin menumpuk. Debu yang menumpuk bisa menjadi penyebab power window tidak bisa berfungsi secara maksimal. Selain menyebabkan masalah pada power window, debu yang menumpuk bisa membuat kaca mobil Anda mengalami baret. Sebab itu, penting sekali Anda membersihkan mobil dengan cara mencucinya secara rutin.
3 Tips Mengatasi Kaca Mobil yang Tidak Bisa Naik di Situasi Darurat
  Setelah memahami penyebab kaca mobil tidak bisa naik, Anda perlu tahu cara mengatasinya saat dalam kondisi darurat. Hal ini perlu dilakukan terutama untuk mengantisipasi kaca mobil tidak bisa naik saat Anda sedang dalam perjalanan jauh. Mari simak cara-caranya di bawah ini.
1. Bersihkan Debu
  Cara pertama yang dapat dilakukan yaitu membersihkan debu pada bagian kaca mobil, termasuk pada power window dan karet jendela. Anda dapat membersihkannya menggunakan lap, kain, atau kanebo. Bersihkan mobil Anda secara rutin, minimal satu minggu sekali supaya tidak mengalami masalah tersebut.
2. Menyemprotkan Silicon Spray
  Membersihkan debu dengan menggunakan kain biasanya efektif mengatasi kaca mobil yang tidak bisa dibuka. Namun, apabila cara ini telah dilakukan tapi kaca mobil masih belum bisa dinaikkan, maka perlu dilakukan pembersihan dengan metode berbeda. Pembersihan dapat dilakukan dengan menyemprotkan silicon spray pada area run door glass. Silicon spray tidak hanya bisa mengatasi kaca mobil yang macet, kandungan pada cairannya akan membuat karet menjadi awet dan tahan lama.
3. Melumuri Kaca Mobil dengan Sampo
  Apabila dalam keadaan yang mendesak, AutoFamily dapat mengatasi kaca mobil yang macet dengan melumuri area kaca menggunakan sampo. Selain sampo, Anda perlu mempersiapkan bahan lain yang diperlukan, yaitu air mineral dalam botol, sikat gigi, dan lap. Apabila semua bahan sudah ada, campurkan sampo dengan air mineral dan sambungkan bagian tutup botol dengan selang. Setelah itu, lumuri reel kaca dengan air sampo tersebut dan bersihkan menggunakan sikat gigi. Jika sudah cukup, lap kering area kaca mobil Anda.
Demikian informasi mengenai penyebab kaca mobil tidak bisa naik serta cara mengatasinya dalam keadaan darurat. Memperbaiki kaca mobil sebaiknya dilakukan oleh profesional di bengkel Auto2000, sekaligus melakukan perawatan rutin mobil secara berkala.
Segera lakukan booking untuk pemeriksaan kendaraan lewat Auto2000 Digiroom. AutoFamily juga bisa menggunakan layanan Home Service saat tidak bisa datang ke bengkel Auto2000. Caranya masih sama dengan mengunjungi Auto2000 Digiroom.
Membutuhkan informasi seputar mobil Toyota? AutoFamily dapat mengunjungi Dealer Toyota Bekasiuntuk mendapatkan semua informasi terkait spesifikasi dan harga mobil terbaru. Langsung saja cari tahu informasinya sekarang juga hanya di Auto2000.

You might be interested in …