KENALI 5 FUNGSI OLI GARDAN MOBIL


    Mobil kesayangan AutoFamily membutuhkan dukungan oli untuk menjaga sistem kerja tetap optimal. Tidak hanya ada oli mesin saja, tetapi juga terdapat oli gardan. Sebenarnya apa fungsi oli gardan mobil? Jika AutoFamily memang belum memahami fungsi dari oli gardan, berarti artikel ini wajib disimak lebih dalam. Tanpa perlu berlama-lama lagi simak informasi selengkapnya di bawah ini bersama Auto2000.
Apa Saja Fungsi Oli Gardan Mobil?
Masih belum banyak yang memahami apa sebenarnya fungsi oli gardan. Secara garis besar, fungsi oli gardan adalah menjadi cairan pelumas untuk membuat komponen gardan mesin tetap awet, licin, dan tidak cepat rusak, khususnya pada bagian mesin transmisi. Namun selain itu masih banyak lagi fungsi dari oli gardan itu sendiri. Berikut penjelasan selengkapnya hanya untuk Anda.
1. Melumasi Transmisi
Di dalam sistem transmisi otomatis terdapat gear ratio yang berperan penting menjaga kinerja mobil. Gear ratio tidak boleh sampai berada di kondisi yang melemah atau bahkan rusak. Demi menghindari gear ratio mengalami kerusakan, maka dibutuhkan oli gardan karena mampu melumasi komponen transmisi yang menjaga gesekan antar komponen tetap aman. Diperlukan kekentalan oli gardan yang tepat untuk mencegah gesekan yang bisa merusak kinerja transmisi.
Oli gardan yang melumasi gear ratio sendiri juga tetap harus diganti dalam jangka waktu tertentu. Setiap pabrikan mobil memiliki aturan tersendiri mengenai kapan oli gardan harus diganti. Anda disarankan memahami kapan pergantian oli gardan agar tidak terlewat, alih-alih malah tidak mengganti oli gardan itu sendiri karena ketidaktahuan akan informasi ini.
2. Melapisi Komponen Transmisi
Oli gardan dapat melapisi komponen transmisi, khususnya dalam mendukung pengaturan kecepatan perputaran roda di dalam sistem transmisi otomatis. Jika tidak ada oli gardan yang berfungsi dengan maksimal maka kecepatan putaran roda kiri dan kanan dapat sama. Padahal pengaturan kecepatan yang tepat sangatlah diperlukan ketika kendaraan berbelok. Hal inilah yang membuat oli gardan sangat dibutuhkan.
3. Mengurangi Gesekan Komponen
Gesekan antar komponen memang tidak mungkin dihindari dalam sistem kerja mobil. Namun di sinilah fungsi penting dari oli, termasuk oli gardan itu sendiri. Komponen gardan yang bekerja dengan saling bergesekan dapat tetap dalam kondisi aman karena gesekan dinamis yang keras terminimalisir berkat keberadaan oli gardan.
Baca Juga: Waspada Ini 4 Penyebab Setir Mobil Goyang
4. Menghindari Suara Bising Mesin
Komponen transmisi atau gear sudah pasti saling bergesekan. Demi menjaga gesekan antar komponen tetap mulus dan aman, maka dibutuhkan oli gardan ini. Ketiadaan sistem kerja oli gardan yang optimal akan membuat gesekan komponen transmisi menjadi terlalu kasar hingga mengakibatkan kerusakan. Salah satu kerusakan ini dapat terdengar dari suara mesin yang tiba-tiba lebih bising daripada biasanya.
5. Mencegah Overheat
Suhu gardan mobil harus tetap dijaga agar berada di angka yang tepat atau dianjurkan. Ketika Anda sebagai pemilik kendaraan lupa untuk mengganti oli gardan, maka komponen gardan dapat mengalami peningkatan suhu terlalu tinggi. Akhirnya apa yang terjadi? Sudah pasti mesin menjadi overheat secara otomatis.
Baca juga: Ketahui Ciri-Ciri Oli Gardan Mobil Harus Diganti!
Performa mobil Anda sudah pasti terganggu karena harus segera dilakukan proses pendinginan. Oleh karena itu, jangan sampai oli gardan mobil Anda habis. Jumlah oli gardan harus berada di angka yang dianjurkan demi mencapai sistem kerja mobil tetap optimal. Lakukan penggantian oli gardan pada kendaraaan secara berkala di bengkel Auto2000.
   Jadi itulah informasi lengkap terkait fungsi oli gardan. Semoga informasi di atas dapat menjadi wawasan terbaru bagi AutoFamily agar tetap menjaga kondisi oli gardan. AutoFamily jangan lupa untuk selalu melakukan service berkala di Auto2000 dengan dukungan para mekanik profesional agar kondisi oli gardan dan komponen mobil lainnya tetap prima. Kunjungi Auto2000 Digiroom untuk memilih jadwal kunjungan ke bengkel sekarang juga!
Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, silakan lakukan booking layanan THS-Auto2000 Home Service melalui website kami.
Kunjungi Dealer Toyota sekarang juga dan dapatkan berbagai Promo Dealer Mobil Toyota terbaru untuk berbagai jenis layanan purna jual Auto2000. Anda bisa jadwalkan kunjungan di sini.
Hubungi kita yh. 🙂
Saya Frans A Pardosi
Wa +62 811-1452-000
+62 852-1625-0049

You might be interested in …