JANGAN KHAWATIR, INI 5 PENYEBAB AUDIO MATI


      Ada beberapa penyebab audio mobil mati yang perlu AutoFamily ketahui. Ketika berkendara, kebanyakan orang memerlukan adanya suatu hiburan seperti musik, radio, atau yang sejenisnya agar tidak cepat bosan. Jika audio mobil mati, maka AutoFamily tidak akan bisa mendapatkan hiburan tersebut.
Lantas, apa saja sih penyebab audio mobil mati? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!
5 Penyebab Audio Mobil Mati
Audio merupakan sarana hiburan yang paling utama dari sebuah mobil. Jika audio mobil mati, maka pengendara akan kehilangan satu-satunya hiburan yang bisa didapatkan ketika berkendara. Berikut ini beberapa penyebab audio mobil mati.
1. Perangkat Audio Berdebu
Penyebab audio mobil mati yang pertama dan paling umum adalah perangkat audio mobil Anda berdebu. Setiap perangkat elektronik, termasuk audio mobil, pasti akan mengalami masalah jika ada debu yang menumpuk di dalamnya. Hasilnya, fungsi-fungsi yang ada di dalam perangkat elektronik tersebut pasti tidak akan dapat bekerja dengan baik. Perangkat audio yang ada di mobil biasanya memiliki penutup yang sangat rapat. Jadi, ketika ada debu yang menumpuk di dalamnya, debu tersebut akan sangat sulit untuk keluar dan malah merusak sistemnya. Maka dari itu, Anda harus melakukan pembersihan perangkat audio mobil secara rutin agar audio mobil dapat tetap berjalan dengan baik.
2. Masalah Pada Sistem Kelistrikan
Penyebab audio mobil mati yang tidak kalah umum juga adalah karena adanya masalah pada sistem kelistrikan mobil. Ketika arus listrik yang ada di dalam mobil Anda mengalami ketidakstabilan, hal tersebut dapat memengaruhi audio mobil Anda dan membuatnya tidak bekerja. Jika hal ini terjadi, hal yang perlu Anda lakukan adalah membawa mobil kesayangan Anda ke bengkel untuk memperbaikinya.
3. Kesalahan Pada Proses Pemasangan
Banyak orang yang melakukan modifikasi pada mobil kesayangannya seperti menambahkan atau mengganti komponen audio mobilnya. Padahal sebenarnya tidak dianjurkan karena kesalahan pada proses pemasangan komponen audio mobil tersebut dapat menjadi salah satu penyebab mobil audio mati yang harus Anda perhatikan. Ketika melakukan pemasangan komponen audio pada mobil, pastikan komponen yang dipasang dan kabel-kabel kelistrikan yang digunakan ditempatkan pada posisi yang tepat. Jika tidak, hal tersebut bisa juga memengaruhi komponen lainnya pada mobil, terutama yang berhubungan dengan sistem kelistrikannya.
4. Komponen Audio yang Tidak Tepat
Setiap mobil memiliki standar dan spesifikasi produknya masing-masing. Jadi, tidak semua mobil bisa dipasangi komponen tambahan secara sembarangan, termasuk audio. Ketika Anda melakukan modifikasi pada mobil dan menambahkan perangkat audio yang salah, maka audio mobil Anda akan mati karena tidak sesuai dengan spesifikasi mobilnya. Selain itu, ketidakcocokan perangkat yang dipilih dengan spesifikasi mobil juga bisa memengaruhi sistem kelistrikan mobil. Jadi, komponen lain selain audio juga bisa saja terpengaruhi dan mengalami eror. Maka dari itu, sebaiknya hindari keinginan untuk modifikasi audio.
5. Pemakaian Sembarangan
Salah satu penyebab audio mobil mati yang cukup sering dilakukan oleh orang-orang adalah pemakaiannya yang sembarangan. Sebagai contoh, Anda mematikan mesin mobil dengan kondisi sistem audio mobil yang masih menyala. Hal tersebut dapat memengaruhi sistem kelistrikan dan membuat audio mobil mati. Ketika Anda mematikan mesin mobil saat sistem audio mobil masih menyala, sistem audio akan menyala mendadak ketika mesin mobil dihidupkan kembali. Hal tersebut akan menimbulkan aliran listrik yang sangat besar secara mendadak kepada sistem audio. Hasilnya, jelas audio mobil akan mati jika selalu mengalami hal seperti itu.
    Jika Anda mengalami masalah pada audio mobil, ada baiknya Anda langsung berkonsultasi kepada tenaga ahlinya. Pastikan juga untuk melakukan perawatan mobil Toyota kesayangan AutoFamily secara teratur dengan mengunjungi Auto2000 Digiroom.

You might be interested in …