INI ALAT-ALAT BONGKAR PASANG BAN MOBIL YANG PENTING ANDA MILIKI DI MOBIL


   Saat Anda berada dalam perjalanan yang jauh, peralatan dasar untuk keadaan mendesak harus ada di dalam kendaraan Anda. Misalnya alat-alat bongkar pasang ban mobil yang harus selalu ada di mobil kesayangan Anda. Hal ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan. Meskipun tidak ada keinginan mobil mogok atau ban pecah di tengah jalan, setidaknya Anda sudah memiliki peralatan yang siap membantu Anda mengatasi permasalahan yang ada. Seperti pepatah yang kita sering kita dengarkan yaitu “sedia payung sebelum hujan”, melakukan persiapan-persiapan dasar dengan menyediakan barang dan peralatan yang diperlukan adalah hal yang penting. Apa saja alat-alat yang dimaksudkan tersebut? Coba AutoFamily perhatikan beberapa alatnya di bawah ini.
Alat Bongkar Pasang Ban Mobil
Pada dasarnya, peralatan-peralatan atau perkakas dasar untuk keperluan bongkar pasang ban yang Anda butuhkan sudah disediakan oleh pabrikan Toyota. Jadi Anda hanya perlu mengidentifikasi setiap alat yang ada dengan baik.
Hal ini perlu Anda lakukan supaya saat kejadian yang tidak diinginkan itu datang, Anda tidak lagi bingung mengenai fungsi dari setiap alat yang ada. Berikut ini beberapa perkakas atau alat pembuka ban mobil yang sudah seharusnya ada di mobil Anda.
1. Kunci Ring
  Kunci ring atau offset ring spanner merupakan kunci yang pada kedua sisinya terdapat lingkaran dengan berbagai ukuran. Ukuran ring kunci sendiri terdiri dari ukuran 6 mm sampai ukuran 32 mm. Namun tentu saja yang biasanya disediakan oleh pabrik mobil Anda hanya beberapa ukuran kunci ring saja. Anda dapat mulai mengukur ukuran mur ban mobil Anda, untuk mengetahui kunci ring yang sesuai dengan mur ban mobil Anda.
Jika ukuran mur mobil Anda tidak sesuai dengan kunci ring yang ada, Anda dapat mencarinya di toko perkakas dan memasukkan kunci yang sudah Anda beli ke dalam mobil Anda. Bagian dalam kunci ring memiliki bentuk yang dapat mengikuti mur ban mobil Anda, sehingga kecil kemungkinan terjadi selip bila mur dan kunci sudah sesuai.
2. Kunci Roda
  Selain kunci ring, kunci roda juga harus ada di dalam mobil Anda. Alat buka ban satu ini memiliki fungsi seperti namanya, yaitu untuk melepas dan memasang mur pada ban mobil Anda. Kunci roda memiliki bentuk unik, yakni berbentuk huruf “X”. Pada setiap sisinya terdapat lubang mur yang memiliki ukuran berbeda-beda. 4 ukuran yang berbeda pada setiap sisinya tentu akan memudahkan Anda dalam menyesuaikannya dengan ukuran mur dari ban mobil Anda.
3. Dongkrak
  Alat dongkrak merupakan alat tire changer yang selalu ada di dalam setiap mobil. Letak dongkrak pada setiap mobil berbeda-beda, tergantung dari tipe mobil yang Anda miliki. Jadi pastikan Anda sudah terlebih dahulu mengetahui letak alat dongkrak sebelum Anda melakukan perjalanan, agar Anda tidak kebingungan saat alat dongkrak diperlukan. Dongkrak berfungsi untuk mengangkat salah satu sisi mobil, khususnya mengangkat sisi mobil yang bannya akan Anda ganti.
4. Jack stand
   Alat yang satu ini perlu Anda beli sendiri dan Anda masukkan ke dalam mobil sebagai persiapan. Jack stand merupakan alat pengaman tambahan saat salah satu sisi mobil sudah diangkat dengan dongkrak. Dengan adanya jack stand, Anda tidak perlu khawatir apabila sewaktu waktu dongkrak Anda gembos.
5. Ban Cadangan
   Selain setiap alat yang ada, tentu saja Anda memerlukan ban itu sendiri untuk mengganti ban yang pecah atau bocor. Ban ini disebut juga ban cadangan atau ban serep. Ban cadangan sangat diperlukan agar Anda memiliki pengganti ban yang tidak lagi bisa digunakan.
  Demikian alat-alat bongkar pasang ban mobil yang dibutuhkan dalam mobil Anda. Sebelum Anda melakukan perjalanan yang jauh, pastikan alat-alat perkakas seperti di atas dan buku manual sudah berada di dalam mobil Anda. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir akan kejadian tiba-tiba yang datang di kemudian hari

You might be interested in …