HINDARI PENIPUAN, INI DIA 3 PERBEDAAN STNK SLI DAN PALSU


  Saat AutoFamily akan membeli kendaraan bekas, ada banyak hal yang perlu dicek. Selain kondisi fisik dan mesin kendaraan, kelengkapan surat-surat kendaraan sangat penting Anda perhatikan. Jangan sampai dokumen kendaraan tidak lengkap atau palsu. Sebab itu, penting untuk Anda mampu melihat perbedaan STNK asli dan palsu.
Cara mengecek keaslian dokumen kendaraan seperti STNK sebenarnya dapat dikatakan sulit, tapi dapat dikatakan juga tidak. Mengapa demikian? Karena kalau Anda teliti, ada beberapa hal yang secara kasat mata bisa terlihat. Kemampuan melihat perbedaan dokumen asli atau palsu ini yang kemudian akan menghindarkan Anda dari korban penipuan. Adapun cara membedakan STNK asli dan palsu agar terhindar dari penipuan saat membeli kendaraan bekas, akan dirangkum di bawah ini.
3 Perbedaan STNK Asli dan Palsu
  Membeli kendaraan dengan dokumen yang palsu tentunya akan merugikan. Dalam hal ini, Anda tidak dapat membayar pajak kendaraan sesuai dengan tempo yang telah ditentukan. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena Polri membuat beberapa pengamanan sehingga surat-surat kendaraan tidak mudah dipalsukan dan dapat diperiksa dengan mudah. Berikut beberapa perbedaan antara STNK asli dan palsu.
1. Perbedaan Stiker Hologram
  Terdapat stiker hologram di bagian kanan STNK yang dibubuhkan dengan pemasangan yang halus. Hologram tersebut tidak akan berubah warna jika diterawang. Sebaliknya, apabila Anda menemukan hologram tersebut berubah warna saat diterawang, maka dapat dipastikan STNK tersebut palsu. Teknologi hologram sendiri hadir dengan fungsi untuk menandakan keaslian dari sebuah barang.
2. Terdapat Lubang Berbentuk Ejaan STNK
  Lubang ini tidak bisa dilihat dari jauh, karena sangat kecil. Letaknya berada di bagian kanan STNK. Terdapat 50 lubang kecil yang membentuk ejaan STNK apabila Anda memerhatikannya dengan teliti. Pada STNK palsu, lubang ini tidak ada alias polos. Nah, karena Anda sudah mengetahui bahwa ada lubang kecil tersebut, maka sebaiknya Anda perhatikan tanda ini saat akan membeli kendaraan bekas.
3. Jenis Kertas STNK
  Jenis kertas STNK asli lebih tebal daripada STNK palsu. Apabila Anda meraba kertasnya akan terasa lebih kasar, karena terdapat pengamanan tertentu yang hanya dapat dirasakan pada STNK asli. Sementara, jenis kertas yang digunakan oknum saat membuat STNK palsu cenderung halus, mudah dilipat, dan mudah sobek.
Kapan Anda Harus Waspada Akan STNK Palsu?
   Terdapat beberapa kondisi di mana Anda harus waspada dengan dokumen kendaraan yang Anda terima. Dalam hal ini, Anda harus memeriksa terlebih dahulu dokumen tersebut, terutama STNK. Lalu, kapan AutoFamily harus waspada dengan STNK palsu? Simak penjelasannya di bawah ini.
1. Saat Membeli Kendaraan Bekas
  Hal pertama yang harus Anda cek saat membeli kendaraan bekas yaitu kelengkapan dokumennya. Apabila dokumen tersebut lengkap, upayakan jangan langsung melakukan pembayaran. Sebaiknya Anda lakukan pengecekan terlebih dahulu, terutama pada STNK. Perhatikan tiga perbedaan STNK asli dan palsu di atas dengan mengamatinya secara teliti dan saksama.
2. Harga Jual Kendaraan Bekas yang Murah
  Apabila Anda akan membeli kendaraan bekas dengan harga penawaran yang sangat murah, maka penting untuk Anda harus waspada akan kelengkapan dokumennya. Jangan langsung tergiur dengan harga yang murah, bisa jadi motor atau mobil yang dijual merupakan kendaraan bodong hasil curian.
Sebab itu, penting bagi Anda menanyakan kelengkapan dokumen kendaraan terlebih dahulu saat akan membeli kendaraan tersebut. Meskipun Anda sudah tertarik dengan harganya, upayakan untuk mengecek keaslian STNK terlebih dahulu. Hal ini dilakukan demi kenyamanan dan keamanan Anda.
3 Tips Memastikan STNK Asli Atau Tidak
  Setelah mengetahui perbedaan STNK asli atau palsu, selanjutnya terdapat beberapa tips untuk memastikan STNK kendaraan bekas yang akan Anda beli itu asli atau tidak. Berikut tips memastikan STNK asli atau tidak yang akan diuraikan di bawah ini.
1. Cek Barcode STNK
Terdapat barcode pada STNK yang apabila dilakukan scan akan muncul angka atau identitas pemilik kendaraan. Sementara, pada STNK palsu, barcode ini hanyalah hiasan. Apabila Anda melakukan scan pada barcode STNK palsu tidak akan muncul informasi apapun. Untuk melakukan scan barcode ini dapat Anda lakukan di kantor Samsat terdekat dan gratis.
2. Cek STNK dengan Sinar UV
Untuk mendapatkan sinar UV ini, Anda dapat menggunakan alat pendeteksi uang palsu. Dalam hal ini, STNK dilengkapi dengan cairan khusus yang bersinar jika terkena pancaran sinar UV. Tujuannya tentu untuk membuktikan keaslian dari surat-surat penting. Juga, agar para oknum tidak dapat membuat STNK palsu dengan mudah.
3. Cek Menggunakan Aplikasi Bayar Pajak Online
Selain mengecek keaslian STNK secara fisik, Anda juga dapat menggunakan aplikasi bayar pajak online sesuai domisili. Cara mengeceknya sederhana, buka aplikasinya dan ikuti petunjuknya. Keuntungan mengecek keaslian STNK secara online yaitu mudah dan cepat asalkan memiliki koneksi internet yang bagus.
Itulah dia cara mendeteksi perbedaan STNK asli dan palsu yang dapat AutoFamily lakukan sebelum melakukan pembelian kendaraan bekas. Untuk menghindari penipuan, sebaiknya Anda membeli kendaraan bekas di tempat tepercaya dan legal. Untuk itu jangan ragu untuk membeli mobil bekas berkualitas di Toyota Trust dan dapat Anda akses dengan mudah di situs Auto2000 ataupun di aplikasi Auto2000 Digiroom.
Sebab, korban penipuan STNK palsu seringkali ditemukan karena tempat pembelian yang tidak legal, seperti dari individu atau kelompok tertentu.
Hal yang sama dapat Anda lakukan saat ingin membeli mobil Toyota Vios impian Anda. Lakukan pembelian di tempat yang resmi, legal, dan terpercaya seperti Auto2000 Digiroom. Di sini, Anda dapat melakukan simulasi kredit yang disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Tunggu apalagi, hubungi Tim Auto2000 untuk solusi mobil impian Anda!

You might be interested in …