FUNGSI DOOR LOCK PINTU MOBIL DAN KESALAHAN PEMAKAIANNYA


    Salah satu fitur penting pada mobil saat berkendara adalah door lock pintu mobil. Fitur ini akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengendara, karena berfungsi mengunci pintu mobil. Secara literal, door lock merupakan sistem pengaman pada kunci mobil. Teknologi canggih yang diaplikasikan pada door lock membuat cara kerjanya menjadi otomatis.  Sistem pengaman pintu mobil otomatis dikenal dengan istilah central door lock. Sistem ini mempunyai fungsi utama untuk mengunci semua pintu mobil secara bersamaan yang dapat dikendalikan oleh pengunci pada pintu sisi pengemudi.
Apa Itu Door Lock Pintu Mobil?
Door lock merupakan fitur keamanan mekanis yang terpasang pada mobil. Sistem pengaman ini dapat dioperasikan secara manual dan otomatis. Untuk cara manual, Anda dapat menekan tuas yang berada pada masing-masing pintu untuk mengunci mobil. Sementara itu, untuk membuka kunci pintu, AutoFamily dapat menariknya.
Sedangkan untuk sistem pengaman otomatis dapat dilakukan dengan menekan tombol kendali pada sisi pengemudi dan menggunakan remote control, baik untuk posisi lock maupun unlock. Sistem otomatis jarak jauh yang menggunakan remote control memiliki beberapa komponen utama, yaitu actuator, mainboard, module, sirene, dan remote control.
4 Fungsi Door Lock Pintu Mobil
  Fungsi utama door lock pintu mobil yaitu untuk mengunci mobil saat Anda hendak berkendara. Door lock dilengkapi dengan teknologi canggih, sehingga fungsinya pun berkembang. Berikut fungsi dari door lock pintu mobil.
1. Sistem Pengaman Mobil
  Sistem door lock diciptakan untuk memberikan kenyamanan bagi seluruh pemilik kendaraan, baik saat melakukan perjalanan maupun saat mobil sedang parkir. Adanya sistem door lock memastikan bahwa seluruh pintu telah terkunci dengan baik. Mobil dengan pintu yang terkunci tentunya memberikan rasa aman kepada pemiliknya.
2. Memberikan Rasa Aman
  Saat Anda melakukan perjalanan jauh dan membawa anak-anak, door lock memiliki peranan yang sangat penting, terutama untuk keamanan anak dan keluarga. Karakter anak yang cenderung aktif khawatir akan membuka pintu mobil secara sembarang.
Namun, dengan adanya sistem central door lock, orang tua dapat mengantisipasinya dengan menekan tombol di sisi pengemudi, semua pintu mobil otomatis dapat terkunci dengan baik.
3. Memudahkan Pemilik Mobil dalam Membuka dan Mengunci Pintu
  Central door lock memudahkan pengendara untuk membuka dan mengunci pintu mobil secara bersamaan. Cukup menekan satu kali tombol di sisi pengemudi, maka semua pintu dapat terkunci dan terbuka secara bersamaan.
4. Memonitor Keadaan Pintu Mobil
  Bagi AutoFamily yang menerapkan sistem pengaman otomatis jarak jauh, Anda dapat memonitor keadaan pintu mobil dengan mudah menggunakan remote control. Selain itu, remote control memiliki fungsi sebagai pengaman mobil dari pencurian.
3 Kesalahan Pemakaian Door Lock yang Harus Dihindari
  Terdapat beberapa kebiasaan yang mungkin tidak disadari saat AutoFamily hendak membuka dan mengunci pintu mobil. Kebiasaan tersebut justru membuat kinerja door lock bermasalah bahkan tidak berfungsi seperti biasanya. Berikut kesalahan pemakaian door lock yang perlu dihindari.
1. Memaksa Membuka Pintu yang Terkunci Secara Tidak Sadar
  Ada kalanya Anda terlalu terburu-buru dan tidak sadar jika pintu masih dalam keadaan terkunci namun masih berusaha membukanya. Kesalahan ini jika dilakukan secara berulang-ulang pasti bisa memberikan dampak buruk pada sistem door lock di kendaraan.
2. Menutup Pintu Terlalu Keras
  Benturan pintu mobil yang berlebihan dapat mengakibatkan gigi penggerak mengalami perubahan posisi bahkan membuat batang penggerak menjadi bengkok. Gigi penggerak yang bermasalah dapat memicu sistem pengaman tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
3. Jarang Dilumasi dan Dibersihkan
  Door lock pintu mobil perlu dilumasi setidaknya setiap enam bulan sekali, supaya tidak seret dan tidak berkarat. Proses pelumasan ini harus dilakukan oleh profesional di bengkel Auto2000 agar tidak menimbulkan masalah baru.
Selain itu, Anda perlu membersihkan pintu mobil secara berkala agar tidak terjadi penumpukan debu. Apabila debu dibiarkan dalam waktu yang lama, debu tersebut bisa masuk pada celah-celah door lock dan menyebabkan terjadinya korsleting.
Apa Saja yang Harus Dicek Agar Door Lock Tidak Mudah Rusak?
   Untuk menjaga door lock tetap berfungsi dengan baik dan terhindar dari kerusakan, maka perlu dilakukan pemeriksaan rutin. Pemeriksaan rutin sebaiknya dilakukan tim mekanik Auto2000 yang tentunya lebih paham. Beberapa bagian yang penting untuk diperhatikan yaitu:
1. Periksa Kawat Penghubung dan Sekring
  Kawat penghubung tidak boleh terputus agar tegangan listrik dapat tersalurkan dengan baik. Apabila kedua komponen ini mengalami masalah, seperti tidak mengalirkan listrik, maka dapat mengakibatkan door lock tidak berfungsi.
2. Periksa Sisi Module
  Module menjadi salah satu komponen door lock yang dapat mengontrol proses pembukaan dan penguncian pintu mobil secara otomatis. Periksa module secara berkala supaya mendapat tegangan listrik dan door lock bisa dioperasikan.
3. Periksa Suku Cadang Penggerak
  Selain memeriksa kawat penghubung, sekring, dan module, terdapat suku cadang penggerak yang perlu Anda jaga agar door lock tidak mudah rusak. Komponen penggerak ini akan secara otomatis menarik pintu ketika dioperasikan untuk mengunci Dalam?
Itu dia informasi mengenai fungsi door lock pintu mobil dan kesalahan pemakaiannya yang perlu AutoFamily ketahui. Dalam memperbaiki komponen door lock yang bermasalah, AutoFamily dapat mengunjungi bengkel Auto2000 terdekat. Sebab, pemeriksaan komponen mobil sebaiknya dilakukan oleh tim mekanik profesional agar tidak menimbulkan masalah lain.

You might be interested in …