FUNGSI DONGRAK BUAYA DAN CARA MENGGUNAKANNYA


   Secara umum, fungsi dongkrak buaya untuk mengangkat mobil. Adapun kapan perlu menggunakan dongkrak ini tergantung dengan kebutuhan. Misalnya Anda mengalami ban bocor atau kempes, maka dongkrak bisa membantu proses penggantian ban tersebut.
Ketika AutoFamily ingin mengecek mesin di bagian bawah mobil juga dapat menggunakan dongkrak buaya ini. Dongkrak buaya juga dapat membantu Anda dalam memasang jack stand dan memeriksa sistem pengereman. Untuk mengetahui penggunaan dongkrak buaya secara lebih jauh, mari simak uraiannya di bawah ini.
Apa itu Dongkrak Buaya?
Dongkrak buaya merupakan dongkrak hidrolik yang umumnya digunakan untuk keperluan otomotif. Bentuk dongkrak ini menyerupai buaya, sebab itulah disebut sebagai dongkrak buaya. Pada unit dongkrak buaya terdapat silinder hidrolik yang dipasang secara horizontal, sehingga memungkinkan Anda tidak terlalu jongkok saat proses pemasangannya.
Desain dongkrak buaya umumnya digunakan untuk mengangkat mobil ukuran kecil, seperti mobil Toyota Sienta, Toyota Calya, dan lain sebagainya. Dongkrak buaya ini tidak dianjurkan untuk pemakaian kendaraan truk dan kendaraan besar lainnya.
Dalam penggunaannya, dongkrak buaya memang lebih stabil, karena memiliki dudukan dan penopang yang lebih luas. Bahkan dongkrak jenis ini dapat digunakan pada permukaan yang tidak terlalu rata.
Bengkel otomotif biasanya sering menggunakan dongkrak ini, karena dapat mendongkrak mobil lebih cepat. Bentuknya yang memanjang memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk tidak perlu meletakkan dudukan dongkrak terlalu dalam. Selain itu, dongkrak buaya memiliki tuas yang panjang, sehingga bisa digerakkan di kolong mobil dengan mudah saat menggunakannya.
3 Fungsi Dongkrak Buaya
Fungsi utama dongkrak buaya yaitu untuk mengangkat bagian bawah mobil untuk berbagai keperluan. Seperti yang telah disebutkan di atas, ketika AutoFamily ingin mengganti ban, prosesnya dapat dibantu menggunakan dongkrak buaya. Adapun beberapa fungsi lainnya akan diuraikan di bawah ini.
1. Membantu Proses Penggantian Ban Mobil
    Ketika ban mobil Anda bocor atau kempes di tengah jalan, maka perlu segera dilakukan pergantian ban. Caranya pasang dongkrak di dekat ban mobil yang akan diganti. Pastikan Anda memasang dongkrak pada struktur yang kuat. Titik terbaik memasang dongkrak ada di titik dongkrak yang ditandai dengan cekungan dekat roda.
Setelah menemukan posisi terbaik, pastikan posisi dongkrak tegak lurus dan tidak miring. Selanjutnya, angkat ban menggunakan dongkrak hingga ban mobil terangkat. Ganti ban mobil Anda. Terakhir, turunkan dongkrak secara perlahan sampai ban menyentuh tanah dan kuatkan baut ban satu per satu.
2. Membantu Proses Pengecekan Mesin Mobil
     Untuk melakukan pengecekan mesin di bawah mobil, maka Anda memerlukan dongkrak untuk mengangkat mobil tersebut. Seperti biasa, pasang dongkrak di tempat yang memiliki struktur yang kuat. Dalam konteks ini, Anda dapat memasang dongkrak di area belakang mobil. Jumlah dongkrak yang perlu Anda pakai tergantung dengan kebutuhan, bisa jadi satu atau lebih dari satu.
3. Membantu Proses Pemasangan Jack Stand
Fungsi utamajack stand yaitu untuk menyangga mobil saat akan melakukan perbaikan pada kolong mobil. Untuk memasang jack stand, Anda memerlukan bantuan dongkrak. Caranya pasang dongkrak di area belakang mobil. Setelah mobil terangkat, pasang jack stand tersebut. Setelah terpasang, dongkrak bisa dibiarkan saja untuk membantu melepas jack stand apabila pengecekan telah selesai dilakukan.
   Kapan Anda Perlu Menggunakan Dongkrak Buaya?
Dongkrak buaya digunakan sesuai dengan kebutuhan. Namun, penggunaannya akan sangat urgent saat Anda mengalami ban kempes atau bocor di tengah jalan. Apalagi kalau di daerah tersebut tidak ada bengkel terdekat. Sebab itu, Anda harus mengganti ban tersebut secara mandiri. Lakukan langkah-langkah penggantian ban seperti yang telah diuraikan di atas menggunakan bantuan dongkrak buaya.
4 Langkah Menggunakan Dongkrak Buaya
Dongkrak buaya ini memiliki sisi kepraktisan penggunaan yang cukup tinggi. Akan tetapi, saat Anda menggunakannya harus memperhatikan titik tumpu yang tepat guna menghindari kerusakan bodi mobil. Adapun langkah-langkah menggunakan dongkrak buaya sebagai berikut.
1. Pastikan Titik Tumpu Dongkrak Telah Sesuai
    Untuk mengetahui titik tumpu dongkrak yang tepat, Anda bisa membaca buku manual untuk mencari titik yang disarankan. Umumnya titik ini terletak di antara batang gardan dekat suspensi atau di bawah bodi rangka utama.
2. Pasang Jack Stand untuk Menopang Mobil
     Setelah menemukan titik tumpu, selanjutnya siapkan jack stand untuk menopang mobil. Hal ini karena dongkrak hanya berfungsi mengangkat mobil, bukan menopang. Jadi, apabila Anda harus mengerjakan pekerjaan di kolong mobil, pasang jack stand sebagai alat penahan beban mobil.
3. Gunakan Potongan Balok untuk Mengganjal Ujung Roda
      Sebelum memasang jack stand, Anda dapat mengganjal ujung roda yang tidak ditopang jack stand memakai potongan balok. Fungsinya agar roda tidak mudah menggelinding. Saat balok telah terpasang, selanjutnya pasang dongkrak pada mobil Anda. Lalu, tekan tuas dongkrak hingga mobil Anda terangkat.
4. Turunkan Kembali Dongkrak
     Saat pekerjaan Anda telah selesai, turunkan kembali dongkrak pada posisi semula. Apabila Anda menggunakan jack stand, maka posisi dongkrak harus dinaikkan terlebih dahulu. Setelah posisi mobil naik, ambil jack stand tersebut, lalu turunkan dongkrak secara perlahan.

You might be interested in …