CARI TAHU 3 PENYEBAB PINTU MOBIL TERKUNCI SENDIRI


   Apa penyebab pintu mobil terkunci sendiri? AutoFamily pasti panik dan kebingungan ketika hal ini terjadi. Bagaimana tidak, semua barang-barang penting masih tertinggal di dalam mobil dan tidak bisa diambil. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa AutoFamily lakukan ketika hal ini terjadi. Penasaran? Langsung saja baca informasi selengkapnya di bawah ini.
3 Penyebab Pintu Mobil Terkunci Sendiri
  Sebelum mengetahui caranya, sangat penting untuk tahu alasan mengapa pintu mobil bisa terkunci sendiri. Setidaknya ada tiga penyebab mengapa mobil Anda bisa mengunci dengan sendirinya, yaitu pintu pernah penyok, penggerak pintu berkerak, dan kotoran pada handle. Berikut masing-masing penjelasannya.
1. Pintu Pernah Penyok atau Tertabrak
  Perlu diketahui bahwa setiap pintu mobil memiliki berbagai komponen yang dapat membuatnya membuka dan menutup serta menaikkan atau menurunkan kaca jendela. Ketika mobil Anda pernah penyok atau mengalami kecelakaan terutama di bagian pintu maka akan ada dampak kerusakan komponen.
Salah satunya pintu mobil Anda jadi mengunci sendiri. Pintu yang tertabrak dapat mengubah posisi komponen-komponen, baik itu gigi penggerak, handle pintu yang tidak responsif atau beberapa bagian lainnya.
2. Masalah pada Penggerak Pintu Mobil
  Setiap komponen mesin mobil memiliki usia pemakaian yang harus diperhatikan serta diganti apabila sudah waktunya. Kalau Anda belum menggantinya maka penggerak pintu mobil tidak bisa berfungsi normal. Itu sebabnya pemeliharaan dan perawatan mobil Anda sangat penting dilakukan. Setiap kali Anda membawa mobil untuk diservice maka para teknisi Auto2000 akan melakukan pengecekan menyeluruh sampai ke bagian pintu. Para teknisi akan memastikan kendaraan Anda berfungsi normal serta dapat digunakan berkendara ke berbagai tempat dengan aman. Jadi pertanyaannya ialah apakah Anda rajin membawa mobil ke bengkel Auto2000 untuk diservice?
3. Kotoran pada Handle
  Selanjutnya, keberadaan kotoran atau debu yang menempel pada handle mobil dapat menjadi penyebab mengapa Anda tidak bisa membuka pintu. Kotoran tersebut akan membuat komponen mesin menjadi aus.
Jika kotoran tidak segera dibersihkan maka lama-kelamaan handle pintu akan mengalami karat. Aus dan karat inilah yang menjadikan pintu sulit dibuka.
Tips Darurat untuk Membuka Pintu Mobil yang Terkunci Sendiri
  “Jadi apa yang harus saya lakukan ketika pintu mobil tiba-tiba terkunci sendiri?” Sebagai langkah pertama, Anda tidak perlu khawatir atau panik berlebihan. Rasa panik yang berlebihan tidak bisa membuat Anda berpikir jernih mencari solusi permasalahan. Jadi tenangkan pikiran Anda dan cobalah melakukan beberapa cara darurat berikut.
1. Gunakan Tali Sepatu
  Ketika sedang dalam keadaan darurat seperti di pinggir jalan, Anda dapat langsung mengambil tali sepatu. Gunakan tali sepatu tersebut untuk membuat simpul hidup kecil di bagian tengah. Simpul hidup mengacu kepada ikatan tali yang bisa dibuka kembali dengan mudah. Lalu masukkan tali tersebut ke celah pintu dari bagian atas. Lanjutkan masukkan tali hingga mencapai kunci mobil manual. Terus pegang kedua ujung tali supaya tidak lepas. Ketika simpul sudah menggapai kunci manual maka langsung saja kencangkan dan tarik tali ke atas. Maka pintu mobil akan terbuka. Jangan paksakan jika cara ini tidak berhasil atau terlalu sulit untuk dilakukan.
2. Gunakan Penggaris
  Penggaris dapat menjadi alat sederhana selanjutnya dalam keadaan darurat. Ambil penggaris —utamakan yang terbuat dari besi karena bahan plastik sangat mudah patah— lalu selipkan ke celah karet dan kaca mobil.
Masukkan penggaris tersebut sampai Anda merasakan bagian panel kunci. Kemudian coba geser titik panel kunci sampai Anda merasakan adanya pergeseran. Sambil terus berusaha mengubah panel kunci, coba tekan handle pintu supaya kunci dapat terbuka. Namun AutoFamily harus selalu berhati-hati dalam melakukan langkah satu ini. Sebab penggaris bisa saja membuat tergores atau rusaknya lapisan kaca film dan perangkan pintu lainnya. Jangan paksakan jika cara ini sulit dilakukan.
3. Gunakan Gantungan Baju
  Terakhir ada gantungan baju yang bisa Anda pakai untuk membuka pintu dalam keadaan darurat. Ambil gantungan baju lalu luruskan bentuknya hingga tidak ada lagi ujung gantungan yang terhubung.
Selanjutnya Anda perlu membuat bentuk pengait di salah satu ujung gantungan. Buat kait tersebut dengan ukuran 3 cm – 5 cm. Jika sudah, mari coba masukkan gantungan baju tersebut di celah jendela dan lapisan karet pintu mobil.
Geser gantungan baju tersebut sampai Anda merasakan panel kunci dan menangkap tuasnya. Pastikan pengait yang dibuat sebelumnya sudah benar-benar menjangkau tuas kunci. Jika Anda melihat tuas kunci bergerak maka itu adalah waktu yang tepat untuk menarik gantungan baju ke atas sehingga pintu terbuka.
   Itu dia informasi seputar penyebab pintu mobil terkunci sendiri. Ingatlah untuk menggunakan cara di atas hanya saat keadaan darurat. Jangan mencoba membongkar pintu mobil secara mandiri karena Anda bisa secara tidak sengaja merusak komponen lainnya. Langsung saja pesan layanan Home Service supaya teknisi Auto2000 dapat langsung datang dan memperbaikinya. AutoFamily bisa memesan melalui Auto2000 Digiroom sekarang juga.
Membutuhkan informasi tambahan terkait mobil Toyota? Segera kunjungi Dealer Toyota Cirebon dan dapatkan semua informasi yang dibutuhkan. Dapatkan juga berbagai promo dan kupon menarik khusus hanya untuk AutoFamily!

You might be interested in …