CARI AIR RADIATOR YANG BAGUS UNTUK PENDINGIN MESIN YANG IDEAL, YUK!


Mudahnya Memilih Air Radiator Mobil yang Bagus. Air radiator mobil yang bagus perlu dipilih dan digunakan demi pendinginan mesin yang ideal. Jangan khawatir, sebab memilih air radiator yang bagus untuk mobil Toyota caranya mudah. Sebagai sumber tenaga untuk mobil bergerak, mesin menjadi sangat panas ketika bekerja. Tanpa dukungan perlindungan yang tepat, mesin dapat aus dan bahkan kepanasan alias overheat. Jika demikian, perbaikannya dapat memakan biaya dan waktu yang sebenarnya tidak perlu Anda keluarkan. Air radiator sendiri bertugas melindungi mesin dari panas berlebih. Cairan ini juga melumasi bagian bergerak yang bersentuhan dengannya, yang melindungi kerusakan pada pompa air, paking kepala, silinder, dan timing piston.
Oleh karena itu radiator tak boleh diisi dengan air keran. Lantas seperti apa air radiator mobil yang bagus untuk mobil Toyota Anda?
Pilihlah yang memiliki kandungan tepat dan dibutuhkan oleh sistem pendinginan. Sebab jika salah pilih maka bukan hanya tidak optimal dalam menjaga suhu ideal tapi juga malah mudah memicu timbulnya karat dalam komponen internal radiator itu sendiri.
Radiator coolant yang bagus dapat efektif menjaga mesin mobil Anda dari panas berlebih. Itu juga dapat melindungi mesin Anda dari elemen korosif dan meningkatkan kinerjanya. Lantas kandungan apa yang digunakan untuk pendingin mesin berperforma tinggi?
Air
Tentu saja radiator terbuat dari bahan utama berupa air. Rata-rata air radiator dibuat dengan campuran 50 persen air. Kendati radiator coolant komposisi utamanya adalah air bukan berarti AutoFamily boleh menggantinya dengan air keran, ya.
Radiato coolant atau air radiator juga terdiri dengan sejumlah komposisi lainnta bersama dengan sistem pendingin cair. Sistem pendingin cair terdiri dari beberapa komponen.
Ethylene Glycol
Bahan aktif utama di sebagian besar cairan pendingin mesin adalah Ethylene glycol. Sejarah mencatat bahwa kandungan ini pertama kali digunakan sebagai bahan pendingin setelah Perang Dunia I.
Bahan kimia satu ini dimanfaatkan untuk memastikan cairan yang bersirkulasi melalui mesin mobil Anda tidak membeku dalam suhu yang sangat dingin dan tidak menguap dalam suhu yang sangat panas.
Propylene Glycol
Beberapa air radiator menggunakan Propylene Glycol sebagai pengganti kandungan Ethylene Glycol. Unsur satu ini dianggap lebih kental, yang berarti etilen glikol cenderung memiliki perpindahan panas yang lebih efisien.
Propilen glikol dianggap kurang beracun jika tertelan, yang merupakan keunggulan bagi pemilik mobil dengan anak-anak dan hewan peliharaan.
Corrosion Inhibitors
Air dan etilena glikol (atau propilen glikol) menjadi bahan dasar sebagian besar air radiator, namun aditif yang berbeda untuk mencegah korosi menghasilkan jenis pendingin yang berbeda. Bahan-bahan yang berbeda ini dapat bervariasi tergantung pada negara asal. Misalnya, mobil Toyota yang diproduksi di Asia menggunakan karboksilat dan fosfat sebagai zat anti korosi dalam pendingin mesinnya. Pendingin mesin untuk mobil produksi Asia tidak dapat menggunakan silikat sebagai agen anti korosi. Pendingin untuk mobil Eropa, di sisi lain, menggunakan campuran silikat dan karboksilat dalam pendingin mesin untuk melindungi dari korosi.
   Jadi, cara memilih air radiator mobil yang bagus adalah memastikan sejumlah kandungan di atas ada pada produk yang hendak AutoFamily pilih. Baca dan perhatikan seksama kemasannya untuk memastikan kandungan tersebut.

You might be interested in …