CARA MERAWAT LAMPU INTERIOR MOBIL AGAR TAHAN LAMA


       Lampu dekorasi interior mobil biasanya hanya terdiri dari lampu kabin yang digunakan sebagai pencahayaan ruang dalam kendaraan.
Namun, bukan berarti AutoFamily tidak dapat melakukan penambahan atau modifikasi demi menciptakan atmosfer untuk dekorasi interior. Contohnya, memasang lampu LED dekorasi interior mobil sehingga terkesan elegan.
Anda tetap dapat melakukan hal ini demi mempercantik tampilan kendaraan kesayangan. Namun, ingat, kuasai dulu bagaimana cara merawat lampu mobil agar awet dan tahan lama. Kenali dulu mengenai lampu LED interior mobil pada ulasan berikut ini.
Mengenal Lampu Interior Mobil
Lampu interior pada mobil adalah pencahayaan yang terpasang pada bagian kabin untuk menambahkan kesan elegan maupun sporty. Biasanya, penambahan lampu dilakukan oleh AutoFamily yang memang hobi modifikasi. Bagian yang sering dipasangi lampu interior tambahan adalah plafon kabin mobil, pilar mobil, dan beberapa ada yang dilakukan pada bagian dashboard.
Tentu saja, pemilihan dan pemasangan lampu interior harus disesuaikan dengan daya mobil. Sebab, tidak dipungkiri jika lampu interior bakal menyedot daya dan arus listrik untuk bisa menyala terang. Anda harus mengetahui berapa daya maksimal yang dimiliki mobil agar tidak terjadi korsleting ataupun kegagalan instalasi lampu.
Umumnya, jenis lampu yang dipasang adalah lampu LED dekorasi interior mobil, LED neon lebih tepatnya. Ukuran yang dipasang biasanya berkisar 3 meter dengan arus listrik 12 volt. Ada juga lampu mini LED USB yang juga menjadi incaran para modifikasi mobil karena sifatnya yang portabel dan multifungsi.
   Jenis-jenis Lampu Interior Mobil
Secara umum, yang termasuk lampu LED interior mobil bawaan hanyalah lampu kabin yang terdapat dalam plafon. Fungsinya untuk menerangi bagian dalam agar AutoFamily dapat melihat dengan jelas kondisi di dalam. Biasanya lampu kabin dinyalakan saat mencari barang yang jatuh, akan turun dari mobil, dan lainnya.
Baca Juga: 4 Alasan Memilih Mobil Hatchback
Namun, jika Anda melakukan modifikasi, maka jenis dan fungsi lampunya bisa disesuaikan sendiri. Misalnya, lampu interior dashboard untuk kesan sporty atau lampu pada plafon agar mobil terlihat lebih elegan. Ada baiknya, ketahui dulu jenis-jenis lampu dalam mobil berikut ini.
Model kotak – model ini sebenarnya adalah LED yang dipasang pada plafon tempat lampu kabin bawaan berada. Pemasangan lampu LED plafon untuk kabin ditujukan agar pencahayaan di dalam mobil lebih terang dan jelas.Anda bisa memasang satu rangkaian atau beberapa set sekaligus. Biasanya ukuran lampu plafon untuk kabin interior mobil 31 mm, atau sesuai dengan kebutuhan pemilik.
Model pilar – model pemasangan pilar adalah lampu LED yang ditempatkan pada pilar mobil. Efek yang dihasilkan lampu interior pilar tergolong lembut, sehingga menimbulkan kesan elegan terhadap mobil.
Model bintang – model yang terakhir ini pemasangan LED butiran (konvensional) pada bagian plafon kabin. Instalasi ini menghasilkan tampilan bintang-bintang seolah plafon mobil terbuka. Anda tetap bisa melihat tampilan bintang malam hari seakan menatapnya langsung di langit.
2 Tips Perawatan Lampu Interior
Tentunya setiap pemilik kendaraan ingin aksesori dalam mobilnya bisa awet dan bertahan lama.Begitu pula dengan AutoFamily, bukan? Oleh karena itu, bila sudah memutuskan untuk memasang lampu interior tambahan, Anda harus memperhatikan perawatannya supaya bisa digunakan dalam jangka waktu lama.
1. Jaga Agar Tidak terkena Air
Perawatan pertama yang perlu AutoFamily lakukan adalah menjaga lampu-lampu interior agar tidak terkena air maupun cairan lain. Mengingat lampu termasuk barang elektronik terhubung listrik, maka sudah pasti cairan akan menyebabkan korsleting dan kerusakan.
Baca juga: Begini Cara Merawat Lampu LED New Avanza Supaya Awet
2. Jangan Biarkan Lampu Menyala Terus
Hal kedua, jangan biarkan lampu menyala terus karena bisa mempengaruhi aki mobil. Lampu yang selalu aktif akan menyebabkan aki cepat habis. Pastikan pula Anda telah menyesuaikan daya kendaraan dengan kebutuhan listrik yang dibutuhkan oleh lampu interior mobil.
  Baca Juga: Tanda Engine Mounting Minta Diganti Baru
Sebab, jika ada ketidaksesuaian daya, maka akan timbul korsleting hingga menyebabkan kerusakan pada bagian lain dari mobil. Untuk itu, selalu konsultasikan perawatan dan pemasangan lampu ekstra pada dealer resmi.Bagi AutoFamily pemilik New Calya, Anda bisa datang ke seluruh cabang Auto2000, misalnya cabang Auto2000 HR Muhammad, Surabaya. Anda juga bisa melihat daftar harga lampu LED Toyota karena kami memiliki sentra penjualan aksesoris resmi Toyota.

You might be interested in …