CARA MENGGUNAKAN PEMBERSIH RUANG MESIN MOBIL DENGAN MAKSIMAL


  Bagaimana cara menggunakan pembersih ruang mesin mobil agar mendapatkan hasil yang optimal? Penggunaan mobil akan memberikan masalah penampilan. Tidak hanya penampilan dari sisi eksterior saja, tetapi juga bagian mesin mobil. Debu, oli, hingga kotoran lainnya dapat mengganggu kebersihan ruang mesin dan bahkan mengganggu kinerja mesin mobil. Kalau sudah begini, maka jangan sampai AutoFamily diamkan begitu saja. Harus ada usaha untuk membersihkan ruang mesin mobil agar kembali bersih. Ikuti beberapa cara pembersihannya di bawah ini bersama Auto2000.
7 Langkah Membersihkan Mesin dengan Pembersih Ruang Mesin Mobil
  Membersihkan ruang mesin mobil harus dilakukan secara berkala. Ada beberapa peralatan yang harus Anda siapkan sebelum melakukan proses pembersihan. Dimulai dari sikat, kuas, beberapa kain lap, engine degreaser, dan tentunya cairan pembersih ruang mesin atau air sabun. Jika seluruh peralatan itu sudah Anda siapkan, sekarang waktunya proses pembersihan ruang mesin mobil dimulai.
1. Mesin Mobil Harus dalam Kondisi Dingin
 Agar proses pembersihan berjalan dengan aman, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan mesin mobil dalam kondisi dingin. Jika mobil sempat dipakai sebelumnya, tunggu sekitar 30-45 menit untuk memberikan kepastian bahwa mesin benar-benar dalam kondisi dingin.
2. Bersihkan Debu dan Kotoran Ringan
 Setelah memastikan mesin mobil tidak dalam keadaan panas, Anda dapat mulai membersihkan debu dan kotoran yang ringan terlebih dulu. Gunakan kuas yang sebelumnya dipersiapkan. Ingat, pada tahap ini, Anda tidak perlu menggunakan air karena yang dibersihkan hanya debu ringan.
3. Melepas Aki Mobil
  Selanjutnya, Anda bisa melepas aki mobil sebagai langkah selanjutnya. Mengapa aki mobil harus cabut? Dikarenakan proses pembersihan menggunakan air, maka aliran listrik yang ada di mobil harus diputus. Tujuannya agar tidak ada masalah pada bagian kelistrikan mobil dan juga untuk mencegah terjadinya korsleting.
Anda juga dapat mengakses bagian di bawah tempat penyimpanan aki dengan lebih mudah. Cukup banyak kotoran yang dapat bersarang di sana, jadi pastikan Anda tidak lupa mengecek dan membersihkan daerah tersebut.
4. Bersihkan Bawah Kap Mesin Mobil
  Bagian bawah kap mesin mobil cukup mudah untuk kotor. Anda dapat membersihkannya terlebih dulu karena paling gampang diakses. Gunakan cairan pembersih serbaguna agar hasilnya lebih maksimal. Jangan lupa memanfaatkan sikat atau kuas. Bilas secara perlahan agar cipratan air tidak sampai berantakan di atas permukaan mesin. Selanjutnya, keringkan dengan kain lap.
5. Bersihkan Bagian Depan Mesin
  Anda jangan sampai lupa membersihkan bagian depan mesin mobil. Biasanya, proses pembersihan bagian depan perlu melakukan pelepasan grille. Walaupun memang terkesan lebih sulit, Anda perlu melakukan cara ini karena jika tidak, area pengerjaan menjadi cukup sempit. Hasil akhirnya juga belum tentu maksimal. Sebaliknya, jika Anda mau melepas grille, hasil pembersihan jauh lebih baik dan menyeluruh.
6. Keringkan Bagian yang Sudah Bersih
  Proses selanjutnya dalam proses pembersihan ruang mesin mobil adalah mengerikan bagian yan sudah bersih. Keringkan bagian-bagian tersebut dengan kain lap. Tahap ini sangat penting untuk dilakukan karena mampu menghindari karat yang muncul di bagian komponen mesin. Kalau tidak dikeringkan, maka hanya perlu menunggu waktu hingga karat itu muncul.
7. Pasang Kembali Aki
Sekarang Anda dapat memasang aki mobil yang sebelumnya telah dilepaskan. Pasang aki sesuai dengan aturan dan proses yang sesuai agar tidak membawa masalah baru. Ketika sudah dipasang, jangan lupa untuk mencoba menyalakan mesin agar dapat mengecek apakah aki sudah berfungsi normal atau ada bagian pemasangan yang kurang.

You might be interested in …