BEGINI TIPS AMAN NYETIR DEKET TRUK


   Jalan raya merupakan fasilitas umum yang isinya bukan hanya diisi oleh kendaraan pribadi saja. Beragam jenis kendaraan dari roda dua hingga lebih dari empat ada di sana. Untuk itu AutoFamily perlu untuk mengetahui tips aman nyetir dekat truk.
Pada dasaranya Anda sebaiknya tidak perlu mengikuti truk terlalu dekat karena mobil AutoFamily tidak terlihat oleh pengemudinya. Selain itu, karena terlalu dekat membuat AutoFamily tidak memiliki ruang cukup untuk mengintip jalur dari arah berlawanan akibat tertutup bodi truk. Jaga jarak aman membuat AutoFamily bisa mengantisipasi pergerakan truk, seperti bila tetiba truk tersebut mengerem mendadak atau tidak kuat menanjak.
Menjaga jarak aman bukan sekadar memberi ruang gerak bagi truk, namun juga membuat mobil mudah terlihat oleh sopir truk. Semakin dekat jarak mobil dengan truk, semakin sulit sopir truk mengawasi mobil AutoFamily. Makanya, jaga jarak aman dan pastikan tidak melakukan manuver yang membuat kendaraan AutoFamily tidak terlihat oleh pengemudi truk.
Wajib Memberi Isyarat
Berikan tanda saat AutoFamily ingin mendahului truk, bisa dengan lampu dim atau klakson. Dengan begitu, pengemudi truk dapat menyadari keberadaan mobil AutoFamily dan menjaga kewaspadaannya.
Saat mendahului, pastikan ada ruang yang cukup antara truk tersebut dengan mobil di depannya. Jika jaraknya terlalu dekat, AutoFamily bakal memaksakan diri untuk masuk antara keduanya. Situasi ini akan membuat mobil AutoFamily berada di blind spot truk dan sangat berbahaya jika mobil di depan melakukan pengereman.
Waspada Manuver Truk
Jangan segan-segan memberikan ruang bila truk di depan memberi isyarat untuk melakukan manuver, seperti berbelok, putar arah, atau parkir. Hentikan kendaraan dan tunggu sampai posisi truk benar-benar aman.
Terlebih jika mobil berada di sisi dalam radius manuver truk tersebut. Perpaduan antara bodi besar dan blind spot akan membuat mobil AutoFamily terancam bahaya jika tidak sabar menunggu.
Utamakan selalu keselamatan mengemudi. Hati-hati bila berkendara terutama bila berdekatan dengan truk dan pastikan kendaraan kita kondisinya prima guna menjaga segala kemungkinan.

You might be interested in …