BARISAN ALAT ALAT UNTUK TUNE UP


     Ada berbagai alat-alat untuk tune up mobil. Sebagai salah satu aktivitas yang sangat penting demi menjaga kondisi mobil tetap prima, sebenarnya apa saja alat-alat untuk melakukan tune up?
Barisan alat-alat yang akan dijelaskan di sini memang menjadi bagian penting dalam proses tune up. AutoFamily dapat dengan mudah menemukan alat-alat ini di bengkel Auto2000. Jadi tanpa perlu berlama-lama lagi, simak informasi selengkapnya tentang penjelasan masing-masing alat tune up di bawah ini.
Fungsi Alat-Alat Untuk Tune Up
Total ada 15 alat tune up yang akan dibedah satu per satu di sini. Masing-masing alat tune up ini memiliki fungsi berbeda-beda untuk memudahkan proses service.
1. Obeng plus dan minus
    Obeng standar untuk plus dan minus sudah pasti menjadi alat penting dalam proses tune up. Ada beberapa aktivitas yang memerlukan peran keduanya, seperti penyetelan celah platina, celah katup, dan lainnya. Ukuran obeng plus dan minus ini juga berbeda-beda tergantung kebutuhan.
2. Kunci ring, pas, kombinasi
   Kunci-kunci yang termasuk dalam satu set ini sudah tidak asing untuk digunakan. Bahkan mungkin Anda juga memilikinya di rumah. Untuk tune up di bengkel sendiri, beberapa ukuran kunci yang dibutuhkan dimulai dari ukuran 8, 10,11, hingga 19.
3. Kunci shock, busi, T
   Ketiga jenis kunci ini penting untuk melepaskan baut di beberapa komponen mobil. Inilah mengapa ketiganya sangat penting untuk proses tune up. Apalagi ditambahkan kunci T yang termasuk fleksibel untuk beberapa keperluan.
4. Kunci torsi
    Apa itu kunci torsi? Kunci ini memiliki fungsi untuk memeriksa kekencangan baut kepala silinder sebelum melakukan penyetelan celah katup. Kunci ini juga memiliki kemampuan untuk menyetel seberapa besar pengencangannya. Jika sudah sesuai, maka kunci ini akan mengeluarkan bunyi klik.
5. Cover set
    Cover set dibutuhkan untuk menutup beberapa bagian bodi mobil agar tidak tergores atau kotor saat proses tune up. Beberapa bagian mobil yang dapat ditutup, seperti fender, grill, steering, seat, handle transmission, hingga floor.
6. Kompresor dan air gun
     Kompresor dan air gun berguna untuk membersihkan filter udara dan bahan bakar. Fungsinya ini mampu membersihkan saluran dari kotoran yang mampu menghambat proses kerjanya.
7. Hidrometer
    Hidrometer berfungsi untuk seberapa berat jenis elektrolit baterai mobil. Jika sudah diukur, maka dapat dibandingkan dengan spesifikasi yang seharusnya agar diketahui apakah perlu diperbaiki atau tidak.
8. Feeler gauge
    Feeler gauge berfungsi untuk mengukur celah komponen mobil, seperti celah katup, celah platina, dan lainnya. Bentuknya seperti lembaran plat baja tipis dengan ketebalan berbeda-beda.
9. Spring scale dan mistar baja
    Kedua alat ini berguna untuk memeriksa ketegangan dari v-belt. V-belt akan ditarik dengan sesuai beban tertentu, lalu perubahan letaknya diukur menggunakan mistar baja.
10. Sikat baja
    Sikat baja berguna untuk membersihkan busi atau spark plug agar bersih dari kotoran. Hal ini akan membuat komponen tersebut kembali bersih sehingga dapat bekerja optimal.
11. Multimeter
    Multimeter berguna untuk mengukur kabel, tegangan, dan mengukur kontinuitas kabel. Beberapa komponen mobil yang perlu dicek menggunakan multimeter ada kabel busi, tegangan aki, dan tahanan koil.
12. Engine tune-up tester
    Alat ini sangat penting dalam proses tune up untuk mengukur RPM, sudut dwell, dan lainnya saat pengapian. Tanpa adanya alat ini, maka proses tune up menjadi sulit untuk dilakukan secara optimal.
13. Compression tester
    Alat ini berfungsi untuk memeriksa tekanan kompresi. Ada berbagai satuan tekanan kompresi yang bisa dilihat, seperti psi, kPa, dan lainnya.
14. Radiator tester
    Alat ini berguna untuk memeriksa apakah ada kebocoran pada sistem pendingin mobil. Selain itu juga dilengkapi dengan fitur untuk memeriksa tutup radiator.
15. Nampan
     Nampan atau wadah berguna untuk meletakkan baut dan berbagai komponen mobil lainnya yang dilepas. Alat ini akan membuat proses tune up menjadi terorganisasi dengan baik.
    Jadi itulah penjelasan tentang alat-alat untuk tune up. Tentu saja alat-alat di atas dimiliki oleh bengkel Auto2000 agar proses tune up atau service mobil Toyota Anda berjalan lancar. Ingin melakukan service dalam waktu dekat? Segera hubungi Auto2000 Digiroom untuk mendapatkan jadwal kunjungan bengkel.

You might be interested in …