APAKAH MOBIL INJEKSI PERLU DIPANASKAN? INI DIA JAWABANYA


   Apakah mobil injeksi perlu dipanaskan? Bukankah semua mobil memang perlu dipanaskan? Saat ini masih ada perdebatan mengenai mobil yang perlu dipanaskan atau tidak. Sebagian masyarakat menyebutkan harus dipanaskan dan sebagian lainnya tidak.
    Sebenarnya apa kebenaran yang harus dipercaya? AutoFamily tidak perlu bingung lagi! Pada kesempatan ini AutoFamily akan diajak mengenali kebenaran dari mobil yang perlu dipanaskan.
Tidak hanya itu, AutoFamily juga akan belajar mengenai perbedaan mobil injeksi dan non-injeksi alias karburator. Sebagai penutup, ada beberapa informasi penting yang harus AutoFamily ketahui dari mobil bermesin injeksi. Sudah siap belajar? Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini.
Apa Perbedaan Mobil Injeksi dengan Mobil Non-Injeksi?
 Sebelum mengetahui perbedaan keduanya, apakah Anda sudah mengetahui mobil injeksi dan non-injeksi itu sendiri? Apa yang menjadi definisi masing-masing mobil? Mobil injeksi diartikan sebagai suatu teknologi yang dapat mengetahui kondisi mesin melalui berbagai sensor.
 Jadi bahan bakar yang disemprotkan tidak kurang atau berlebih. Di sisi lain, mobil non-injeksi atau karburator mengacu kepada teknologi sistem bahan bakar yang bergantung pada gerakan piston.
Dari definisinya saja sudah terlihat perbedaan di antara keduanya. Tetapi untuk menjelaskannya secara lebih lengkap, Anda dapat memperhatikan beberapa poin berikut.
1. Penggunaan Bahan Bakar
     Penggunaan bahan bakar pada mobil injeksi sangat tepat. Hal ini dikarenakan sensor yang sudah disebutkan sebelumnya. Sensor-sensor tersebut memberitahukan kebutuhan bahan bakar sehingga pencampurannya dengan udara menjadi pas. Mobil karburator sendiri tidak punya sensor sehingga sangat wajar jika rasio campuran bahan bakar dan udara tidak pas.
2. Keberadaan Sistem Choke
    Keberadaan sistem choke hanya ada di mobil karburator. Memang apa fungsi dan pengaruh keberadaan sistem choke?
Sistem choke ini bertugas untuk menghambat aliran udara yang ingin masuk ke dalam karburator. Jadi ketika mesin dihidupkan, otomatis suhu mesin pun masih rendah. Suhu mesin yang rendah akan menyulitkan bahan bakar untuk masuk ke dalam ruang bakar.
3. Pemeliharaan
     Soal pemeliharaan tentu harus tetap dilakukan. Tidak peduli mobil tersebut injeksi atau tidak, semua mobil perlu dibawa ke bengkel Auto2000 untuk service berkala. Namun yang berbeda di sini ialah waktu pemeliharaannya.
Mobil injeksi tidak perlu service sampai pemakaian kendaraan sudah menempuh jarak 10.000 km. Sedangkan mobil karburator harus sudah diservice saat pemakaian sudah menempuh jarak 4.000 km.
Apakah Mobil Injeksi Perlu Dipanaskan?
     Setelah mengetahui perbedaannya, kini akan lebih mudah untuk menjawab apakah mobil injeksi perlu dipanaskan  atau tidak. Jawaban singkat dari pertanyaan ini ialah tidak perlu dilakukan dalam waktu yang lama. Anda hanya membutuhkan waktu singkat agar mesin bisa bekerja optimal.
Proses oli untuk melumasi seluruh mesin secara merata bahkan tidak lagi memakan waktu lama seperti mobil karburator. Jadi tindakan Anda memanaskan mobil injeksi setiap kali ingin menggunakannya tidak perlu dilakukan dalam waktu yang lama. Beragam komponen juga terhindar dari keausan karena oli sudah melumasi beragam komponen secara merata.  Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hendak Mengendarai Mobil Injeksi
Anda yang memiliki mobil injeksi perlu mengetahui cara menggunakan dan memeliharanya. Makin banyak informasi yang Anda ketahui tentang mobil injeksi maka makin mudah juga melakukan pemeliharaan mobil.
Mobil jadi tidak cepat rusak dan Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih banyak untuk mengganti mobil baru. Jadi apa saja yang penting untuk diketahui? Simak selengkapnya berikut ini.
1. Mematuhi Setiap Aturan
Mobil injeksi bisa cepat rusak apabila Anda mengendarainya dengan sembarangan alias ugal-ugalan. Sangat penting untuk tetap mengendarainya sesuai dengan aturan lalu lintas yang berlaku sehingga mobil dapat digunakan untuk waktu yang lama.
Mematuhi aturan sebenarnya tidak hanya untuk menjaga mobil tetap dalam keadaan baik. Lebih jauh, keselamatan Anda selama berkendara menjadi lebih aman.
2. Melakukan Pemeliharaan Tepat Waktu
Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah waktu yang tepat untuk pemeliharaan berkala. Maksudnya mobil Anda perlu dibawa ke bengkel Auto2000 secara rutin supaya setiap komponen mesin dapat dibersihkan dan diatur kembali kepada posisi yang seharusnya.
Ingatlah untuk membawa mobil ke bengkel Auto2000 ketika sudah menempuh jarak sejauh 10.000 km. Jangan menunda-nunda melakukan service supaya mobil tetap dalam keadaan prima untuk diajak berkendara ke berbagai tempat.
    Itu dia informasi penting mengenai mobil injeksi serta perbedaannya dengan mobil non-injeksi. Serta pengetahuan mengenai perlunya memanaskan mobil injeksi. Memanaskan kendaraan yang menggunakan sistem injeksi tidak perlu lagi dilakukan dalam waktu yang lama. Cukup memanaskan kendaraan hingga indikator suhu mesin berada di tengah, maka kendaraan siap digunakan. Terlepas dari mobil Anda injeksi atau non-injeksi, jangan lupa untuk selalu membawanya ke bengkel Auto2000 untuk dilakukan service berkala. Langsung saja jadwalkan kedatangan Anda di Auto2000 Digiroom supaya tidak menghabiskan waktu terlalu lama untuk menunggu.
Tidak bisa ke bengkel? Jangan khawatir karena AutoFamily bisa memanfaatkan layanan Home Service melalui website yang sama yaitu di Auto2000 Digiroom. Selain berbagai layanan service yang berkualitas, Anda juga dapat mengunjungi Dealer Toyota Banjarmasin untuk menemukan informasi seputar mobil Toyota yang dibutuhkan.

You might be interested in …