APA SAJA PENYEBAB TEGANGAN AKI NORMAL TAPI TIDAK BISA STARTER?


   Bingung mengapa tegangan aki normal tapi tidak bisa starter? Kejadian ini sudah pasti membuat AutoFamily kebingungan. Wajar saja karena AutoFamily bukan seseorang yang ahli dalam urusan mesin mobil. Jika hal ini terjadi, AutoFamily bisa membawa mobil ke bengkel Auto2000 supaya langsung dicek oleh teknisi berpengalaman.
Namun mengapa hal ini bisa terjadi? Apa penyebab sesungguhnya saat mobil tidak bisa di starter padahal tegangan aki normal? AutoFamily berada di artikel yang tepat! Langsung simak saja informasi selengkapnya di bawah ini.
Berapa Tegangan Aki yang Normal?
Tegangan aki yang normal seharusnya bisa membuat mesin mobil menyala sempurna..Jika menggunakan aki dengan tegangan yang tidak sesuai spesifikasi mesin maka berbagai komponen mobil bisa rusak.
Biasanya teknisi akan melakukan pengecekan aki setiap kali Anda membawa mobil untuk diservice. Pengecekan seluruh komponen mesin sampai bagian aki dilakukan untuk memastikan kondisinya masih layak digunakan berkendara. Itu sebabnya sangat penting membawa mobil kesayangan Anda untuk service berkala ke bengkel Auto2000.
5 Penyebab Tegangan Aki Normal Tapi Tidak Bisa Starter
Jika aki sebagai sumber tenaga listrik baik-baik saja, lalu apa penyebabnya mobil tidak bisa distarter? Berikut ini beberapa alasan yang mengapa mobil tidak bisa di starter.
1. Dinamo Starter Bermasalah
     Masalah pada dinamo starter dapat membuat mobil tidak bisa menyala. Ada beberapa potensi masalah dalam dinamo starter. Potensi masalah pertama berada di bagian solenoid starter yang tidak mampu menggerakkan pinion gear.
Padahal pinion gear perlu bergerak normal supaya mobil bisa distarter. Selain itu bisa saja solenoid starter ini mengalami arus pendek atau korsleting saat mengalirkan listrik ke kumparan medan dan armature.
Kedua, kumparan medan dan armature bisa hangus terbakar karena korsleting yang terjadi. Jika hal ini terjadi maka Anda perlu langsung membawa mobil ke bengkel Auto2000 untuk mengganti komponen tersebut dengan yang baru.
2. Engine Mounting Mengalami Gangguan
     Engine mounting merupakan komponen yang menyangga mesin mobil alias dudukan mesin. Keberadaan engine mounting berguna untuk menahan getaran yang terjadi di mesin mobil.
Ketika engine mounting tidak berada pada posisi yang tepat maka mesin bisa terkena dampaknya. Padahal tugasnya sebagai dudukan mesin harus berada dalam keadaan yang stabil.
3. Posisi Dinamo Starter Longgar
    Setiap komponen dalam mobil sudah dirancang sedemikian rupa untuk dapat berfungsi dengan baik. Namun apabila ada baut yang longgar sehingga komponen tidak berada di posisinya maka hal ini dapat menyebabkan mobil tidak bisa menyala.
Sama halnya seperti dinamo starter. Jika posisinya berubah karena ada baut yang longgar maka Anda harus langsung membawanya ke bengkel Auto2000 terdekat.
4. Oli Mobil Mengendap di Bawah
     Oli berguna untuk melapisi setiap komponen mesin agar beban kerja yang ditanggung lebih enteng atau dalam kata lain menjadi tidak aus. Jika Anda sudah tidak menggunakan mobil dalam waktu lama maka oli akan mengendap di bagian bawah mesin.
Pengendapan oli menyebabkan bagian atas mesin mengering karena sudah tidak ada lapisan oli yang seharusnya menjadi pelumas. Itu sebabnya mobil Anda jadi tidak bisa distarter.
5. Aliran Bahan Bakar Tidak Lancar
    Terhambatnya aliran bahan bakar juga dapat menjadi penyebab mengapa mobil Anda tidak bisa distarter meskipun tegangan aki normal. Bahan bakar yang terhambat tentu mengakibatkan mesin mobil tidak mau menyala. Jadi hal ini sama sekali tidak berhubungan dengan arus listrik dari aki.
4 Solusi untuk Mobil yang Tidak Bisa Starter
    Kini Anda mengerti bahwa ada begitu banyak penyebab mengapa mobil tidak bisa distarter meskipun tegangan aki normal. Jika sudah begini apa yang harus Anda lakukan? Anda hanya perlu membawanya ke bengkel Auto2000 dan menyerahkannya kepada teknisi berpengalaman. Umumnya teknisi Auto2000 akan melakukan beberapa hal berikut ini:
1. Mengganti Dinamo Starter Mobil
    Teknisi akan melihat berbagai komponen dalam dinamo starter untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik. Ketika ada satu bagian yang kotor atau sudah tidak layak digunakan maka teknisi akan langsung menggantinya supaya Anda bisa berkendara dengan aman.
2. Membersihkan Aliran Bahan Bakar
    Teknisi juga akan memeriksa bagian aliran bahan bakar. Jika benar bahwa aliran bahan bakar kotor dan menghambat maka teknisi akan membersihkannya.
3. Membersihkan Komponen Lainnya
    Selain itu teknisi pasti akan mengecek komponen mesin lain supaya semuanya dapat bekerja sebagaimana seharusnya.
Setiap komponen mesin akan dibuka dan dibersihkan agar kondisinya tetap terawat untuk jangka waktu yang lama. Pembersihan dan pengecekan ini sudah menjadi hal yang wajib dilakukan saat Anda membawa mobil ke bengkel.
4. Kunjungi Bengkel Auto2000 Terdekat
    Mobil yang tidak bisa distarter tentu harus langsung diperbaiki supaya Anda bisa kembali beraktivitas dengan nyaman. Jangan tunda membawa mobil Anda untuk diservice supaya seluruh komponen kembali dalam kondisi yang prima.
Membawa mobil ke bengkel Auto2000 terdekat adalah kewajiban yang harus dilakukan semua pemilik mobil. Service mobil bukan hanya dilakukan untuk menjaga keadaan mesin tetapi untuk memastikan keselamatan Anda dan keluarga selama berkendara. Anda bisa langsung menjadwalkan kedatangan atau memesan layanan Home Service melalui Auto2000 Digiroom.
   Itu dia berbagai penyebab tegangan aki normal tapi tidak bisa starter. Pastikan AutoFamily selalu membawa mobil kesayangan ke bengkel Auto2000 agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. Selain untuk booking service, Auto2000 Digiroom dapat memberikan AutoFamily berbagai informasi seputar mobil. Contohnya seperti harga dan promo mobil Toyota Alphard yang menjadi impian AutoFamily.
Bahkan saat tidak memiliki waktu untuk datang ke showroom, AutoFamily bisa langsung melakukan survei dengan mengakses website Auto2000 Digiroom melalui ponsel. Memiliki pertanyaan atau ingin berkonsultasi? Jangan ragu untuk menghubungi Tim Auto2000 karena kami siap membantu Anda.

You might be interested in …