APA PERBEDAAN PPN DAN PPnBM?


   Apakah AutoFamily mengetahui perbedaan PPN dan PPnBM? PPnBm sendiri sempat banyak diperbincangkan dalam beberapa waktu terkahir karena menyangkut diturunkannya angka pajak ini hingga 0%.
Sebenarnya PPN dan PPnBm merupakan jenis pajak yang berbeda, namun memiliki beberapa unsur yang sama. Untuk lebih mengerti perbedaan keduanya, simak rangkumannya di bawah ini.
Pengertian PPN dan PPnBM
  Sebelum masuk ke dalam pembahasan perbedaan, mari lihat pengertian keduanya terlebih dahulu. PPN adalah Pajak Pertambahan Nilai. Sedangkan PPnBm adalah Pajak Penjualan atas Barang Mewah.
PPN bisa disimpulkan sebagai pajak yang dikenakan pada pertambahan nilai karena munculnya pemakaian faktor-faktor produksi oleh pihak PKP (Pengusaha Kena Pajak). PKP ini yang menyiapkan, menghasilkan, serta memperdagangkan Barang Kena Pajak (BKP) dan Jasa Kena Pajak (JKP).
Di sisi lain, PPnBm merupakan jenis pajak yang dikenakan untuk barang kena pajak (BKP) yang tergolong mewah. Biasanya PPnBM yang dibayar akan dibebankan kepada produsen atau PKP yang mengimpor atau menghasilkan barang mewah.
   Dari pengertian di atas, maka Anda bisa mulai melihat apa yang menjadi perbedaan keduanya. Perlu diketahui bahwa tidak semua barang bisa masuk ke dalam golongan barang mewah. Namun, mobil termasuk salah satu barang mewah yang dikenakan PPnBM.
3 Perbedaan PPN dan PPnBM
Sekarang saatnya masuk ke dalam pembahasaan perbedaan PPN dan PPnBM. Tentu saja keduanya memiliki perbedaan tersendiri. Anda harus mengenal perbedaan keduanya agar tidak salah mengartikannya saat ingin membayar pajak.
Sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya Anda membayar pajak secara teratur dan sesuai aturan. Mari mengenal perbedaan dari karakteristik PPN dan PPnBM yang terbagi dalam tiga poin berbeda. Apa saja perbedaannya? Berikut ulasan selengkapnya.
1. Jenis Pungutan
    Jenis pungutan yang dibebankan dalam PPN ialah pungutan atas nilai tambah barang. Sebaliknya, PPnBM adalah pungutan tambahan yang dikenakan kepada barang yang masuk ke dalam golongan barang mewah. Namun tetap saja ada PPN di dalam pungutan barang mewah tersebut.
2. Pengenaan Pajak
     Pengenaan pajak antara PPN dengan PPnBM cukup berbeda yang sebenarnya dapat dirasakan langsung oleh Anda. Pasti Anda sering membayar dan menghitung PPN karena jenis pajak ini memang dikenakan di setiap mata rantai jalur produksi maupun jalur distribusi.
Tidak heran jika PPN sering disebut sebagai pajak yang memiliki karaktristik Multi Stage Tax. Mulai dari tingkat pabrikan, pedagang besar, bahkan pedagang eceran, semuanya dikenakan pajak pertambahan nilai.
Selain itu beban pajak dialihkan kepada pihak yang mengonsumsi barang atau jasa tersebut. Jika pengenaan PPN dilakukan berkali-kali, PPnBM hanya dikenakan satu kali saja. Tepatnya hanya dikenakan saat impor atau ketika penyerahan BKP di dalam negeri oleh pihak pabrikan yang menghasilkannya.
3. Pengkreditan
     Perbedaan yang terakhir di antara keduanya ialah pengkreditan. PPN bisa dikreditkan melalui mekanisme pajak masukan dan pajak keluaran. Namun Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) tidak dapat dikreditkan dengan PPnBM lainnya atau PPN.
     Jadi sekarang AutoFamily sudah mengerti apa saja perbedaan yang ada di antara keduanya. Bisa terlihat bahwa PPnBM memang hanya dibebankan untuk golongan barang mewah, termasuk mobil. Penjelasan di atas seharusnya dapat membuat AutoFamily lebih paham tentang perbedaan PPN dan PPnBM sehingga tidak ada lagi salah pengertian pada waktu mendatang.
Membayar pajak memang menjadi tanggung jawab setiap warga negara Indonesia sebagai wajib pajak. Namun ada lagi tanggung jawab penting yang harus dilakukan, khususnya bagi mereka yang memiliki mobil yakni membawa mobil mereka untuk diservice ke bengkel Auto2000.
Apakah AutoFamily sudah melakukan service berkala? Jika belum maka ini saatnya untuk langsung menjadwalkan kedatangan melalui Auto2000 Digiroom. Melalui website dan cara yang sama, AutoFamily juga dapat memesan layanan Home Service apabila tidak dapat pergi ke bengkel Auto2000 terdekat.
Sebagai dealer resmi Toyota di Indonesia, Auto2000 selalu memberikan pelayanan terbaik untuk AutoFamily di setiap cabang yang telah tersebar di berbagai kota besar.
Jangan lupa kunjungi Dealer Toyota Cirebon untuk mendapatkan berbagai pelayanan terbaik yang bisa AutoFamily dapatkan. Ingin mengetahui barisan produk terbaik dari Toyota bersama Auto2000? Kunjungi Dealer Toyota sekarang juga!

You might be interested in …