APA ITU KARBURATOR: KOMPONEN, FUNGSI, DAN CARA KERJA


    Apa itu karburator? Kata karburator mengacu kepada komponen sistem pembakaran bahan bakar yang ada di dalam mobil. Tetapi saat ini tidak semua mobil dilengkapi dengan sistem bahan bakar karburator. Teknologi karburator ini pernah populer digunakan beberapa tahun lalu, tetapi sekarang bisa dikatakan bahwa karburator telah ketinggalan zaman.
   Perkembangan teknologi yang makin canggih membuat mesin-mesin mobil terus diperbarui. Hingga akhirnya mobil keluaran terbaru sudah tidak lagi menggunakan karburator pada sistem pembakaran melainkan injeksi.
Mobil dengan teknologi karburator yang Anda gunakan saat ini tetap bisa dikendarai seperti biasanya selama AutoFamily melakukan pemeliharaan dengan baik.
   Di artikel ini AutoFamily akan diajak untuk memahami informasi seputar karburator, mulai dari komponen-komponen yang ada, fungsi, hingga cara kerjanya. Kalau begitu tanpa berpanjang lebar lagi, mari langsung saja perhatikan informasi selengkapnya di bawah ini.
Apa Itu Karburator?
   Karburator adalah suatu sistem yang dipasang di dalam mobil untuk memastikan proses pembakaran dapat berjalan dengan baik. Karburator termasuk salah satu komponen penting untuk membuat mobil bisa berjalan.
Proses pembakaran ini dapat berlangsung saat bensin dialirkan dalam ruang bakar pada jumlah yang pas. Meskipun tergolong teknologi lama, karburator masih dapat digunakan seperti biasanya dengan normal.
Bahkan tidak perlu khawatir jika kendaraan mengalami masalah. Para teknisi Auto2000 akan siap sedia saat Anda datang untuk melakukan service berkala.
10 Komponen Karburator
     Karburator terdiri dari berbagai komponen lain yang berguna untuk membuat mobil menyala sempurna. Setidaknya ada 10 komponen yang terpasang menjadi satu dengan karburator. Berikut berbagai komponen karburator sekaligus penjelasannya masing-masing.
1. Floater
      Floater berarti suatu komponen yang berfungsi untuk memastikan jumlah yang masuk ke dalam ruang bakar sudah pas. Jadi pembakaran dalam ruang bakar akan terjadi secara sempurna.
2. Float Chamber
      Float chamber atau ruang bakar merupakan tempat terjadinya proses pembakaran bensin dan udara dengan adanya percikan api dari busi. Float chamber dapat berfungsi sempurna saat floater bekerja dengan normal. Maksudnya ialah floater harus dapat bekerja dengan baik agar bensin yang masuk ke dalam ruang bakar tidak berlebihan atau banjir.
3. Choke Valve
     Sejatinya komponen choke valve bekerja dengan cara yang serupa seperti floater. Hanya saja choke valve tidak berhubungan dengan bensin melainkan udara. Jadi choke valve berguna sebagai “pintu masuk” bagi udara ke dalam ruang bakar.
4. Piston Valve Screw dan Pilot Screw
      Piston Valve Screw dan Pilot Screw berfungsi mengatur ukuran saluran venturi serta jumlah bensin yang masuk ke dalam silinder. Pada akhirnya pengaturan ini akan sangat penting dalam mempertahankan kecepatan mesin mobil
5. Throttle Valve
     Throttle valve atau piston valve berfungsi sebagai pengatur jumlah udara yang akan masuk ke dalam ruang bakar. Sekilas choke valve dan throttle valve terlihat sama. Memang benar keduanya sama-sama berhubungan dengan udara.  Tetapi throttle valve menjadi pengatur jumlah udara yang dapat masuk ke dalam ruang bakar. Sedangkan choke valve hanya sebagai pintu masuk udara ke dalam karburator untuk nantinya diteruskan kepada ruang bakar oleh throttle valve.
6. Main Jet
     Main jet merupakan komponen yang berfungsi sebagai penghalang bagi bensin yang ingin keluar dan bercampur dengan udara. Main jet ini berguna sebagai saluran utama yang menghubungkan venturi dengan ruang pelampung. Main jet yang berbentuk seperti jarum hanya akan membiarkan bensin keluar ketika pengemudi menginjak pedal gas.
7. Slow Jet
     Slow jet juga termasuk saluran yang dapat mengeluarkan bensin supaya dapat bercampur dengan udara. Jika sebelumnya main jet menghubungkan venturi dengan ruang pelampung, maka slow jet menghubungkan ruang pelampung ke intake manifold. Main jet dan slow jet juga dapat dibedakan dari keadaan mobil. Main jet bekerja saat mobil sedang melaju di jalan karena pedal gas yang diinjak. Sedangkan slow jet mengalirkan bensin dalam keadaan diam atau idle.
8. Jet Needle
     Jet needle berfungsi sebagai pengatur jumlah bensin yang keluar dari main jet. Seperti namanya, komponen ini berbentuk jarum yang memiliki ujung lancip.
9. Venturi
      Venturi berfungsi sebagai pengatur kecepatan aliran udara yang masuk. Jadi venturi akan bekerja untuk meninggikan aliran udara agar laju mobil juga makin cepat.
10. Main Nozzle
       Main nozzle berfungsi sebagai penyalur bensin ke ruang bakar. Jadi bensin dapat bercampur dengan udara dan proses pembakaran dapat terjadi sempurna.
5 Fungsi Karburator Bagi Mobil
    Keberadaan karburator sudah jelas memiliki fungsi yang krusial. Tanpa adanya karburator maka tidak ada proses pembakaran yang terjadi. Pada akhirnya mesin mobil tidak bisa dinyalakan sama sekali.
Jadi sudah sangat jelas bahwa fungsinya bagi mobil sangat penting, bukan?
    Ada beberapa fungsi lainnya yang dimiliki oleh karburator, yaitu:
Dapat menyalakan mesin mobil dengan adanya proses pembakaran yang sempurna.
Dapat mengatur campuran rasio udara dan bensin yang akan masuk ke dalam ruang bakar.
Dapat menambah jumlah udara dan bensin yang dibutuhkan dalam kondisi mobil berjalan atau diam.
Dapat mengatur jumlah udara dan bensin yang masuk sesuai dengan kecepatan serta perubahan beban yang terjadi.
Dapat mengatur kecepatan mesin, baik itu lebih cepat atau lebih pelan.
Cara Kerja Karburator
    Karburator dalam mobil bekerja dengan cara mencampurkan udara dan bahan bakar yang nantinya akan masuk ke dalam ruang bakar. Campuran keduanya di dalam ruang bakar menjadi awal untuk memulai proses pembakaran. Hasil dari pembakaran udara dan bensin inilah yang dapat membuat mobil menyala serta berjalan.
Demikian informasi mengenai apa itu karburator. Bagaimana? Apakah AutoFamily sudah lebih memahami komponen karburator mobil? Fungsinya yang sangat penting bagi mobil perlu diberikan perhatian dengan membawanya ke bengkel Auto2000.
Membawa mobil ke bengkel Auto2000 sudah menjadi suatu kewajiban yang harus AutoFamily lakukan agar semua proses pembakaran dalam ruang bakar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Jadi tunggu apalagi?
Langsung jadwalkan kedatangan AutoFamily ke bengkel Auto2000 terdekat melalui Auto2000 Digiroom. Selain booking jadwal kedatangan, AutoFamily juga bisa menggunakan layanan Home Service saat tidak bisa datang ke bengkel Auto2000.
    Caranya masih sama yakni dengan mengunjungi Auto2000 Digiroom. Membutuhkan informasi lain seputar mobil Toyota? AutoFamily dapat mengunjungi Dealer Toyota Bekasi untuk mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan. Mulai dari spesifikasi hingga informasi terbaru mengenai harga mobil impian AutoFamily. Langsung saja cari tahu informasinya sekarang juga hanya di Auto2000!

You might be interested in …