AIR WIPER MOBIL TIDAK JALAN? INI DIA PENYEBABNYA


     “Apa yang harus saya lakukan saat air wiper mobil tidak jalan dan menyembur ke arah kaca depan? Sebenarnya apa penyebab air wiper mobil mati?” Pertanyaan ini pasti muncul ketika air wiper mobil AutoFamily tidak berfungsi dengan baik.
AutoFamily tidak perlu bingung hanya karena tidak memahami mengapa air wiper mobil bisa mati. Jika hal ini terjadi, jangan ragu untuk langsung membawa mobil ke bengkel Auto2000 yang terdekat untuk mendapatkan solusinya. Teknisi Auto2000 pasti akan langsung melakukan pengecekan menyeluruh untuk mengidentifikasi penyebab air wiper mobil yang mati. Meskipun sudah diserahkan kepada ahlinya, AutoFamily tetap perlu berusaha memahaminya.AutoFamily tetap harus mengetahui informasi penting tentang air wiper mobil. Berikut ini Auto2000 telah merangkum berbagai informasi penting seputar air wiper mobil. Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!
Apa Fungsi Air Wiper?
Fungsi air wiper pada mobil sebenarnya sederhana saja yakni untuk membersihkan kaca depan dan belakang (kalau ada). Mengapa kaca mobil harus dibersihkan? Hal ini dilakukan supaya pemandangan Anda saat mengemudi tidak terhalang kotoran atau debu lainnya yang menempel.
Kaca mobil buram yang tidak segera dibersihkan pada akhirnya akan menimbulkan potensi kecelakaan. Jadi keberadaan air wiper ini bisa dikatakan sangat penting. Air wiper sendiri sebenarnya bisa berbentuk air biasa namun kurang efektif dalam membersihkan kaca.
AutoFamily bisa menggunakan cairan khusus yang dikenal sebagai wiper fluid agar kotoran dan debu bisa hilang dengan mudah.
5 Penyebab Air Wiper Mobil Tidak Jalan
    Air wiper mobil yang tidak berjalan dengan normal bisa disebabkan banyak hal. Alasan paling sederhana ialah cairan wiper yang sudah habis. Sehingga wajar jika air wiper tidak jalan kalau cairannya habis, bukan? Tetapi jika ternyata cairan wiper mobil masih tersedia maka beberapa alasan berikut kemungkinan besar menjadi penyebabnya.
1. Selang Air Bermasalah
    Selang yang menyalurkan air wiper bisa saja mengalami masalah. Selang air yang tidak dirawat baik-baik dapat kotor, bocor atau bahkan lepas dari tempatnya. Permasalahan pada selang sudah pasti berdampak ke air wiper yang tidak keluar saat ditekan dari dalam mobil.
2. Motor Air Wiper Mati
    Motor wiper bertugas untuk memompa air keluar. Jika motor air wiper mati maka sudah sangat jelas bahwa airnya tidak akan keluar. Mengetahui motornya mati atau tidak juga sangat mudah. Apakah Anda mendengar suara mendengung atau suara mesin bekerja?
Biasanya akan ada suara setiap kali Anda menekan tombol untuk mengeluarkan air wiper. Ketika suara tersebut tidak terdengar maka bisa dipastikan bahwa ada masalah dalam motor air wiper.
3. Masalah Kelistrikan
     Motor air wiper hanya bisa bekerja memompa cairan kalau ada arus listrik. Sama halnya seperti komponen kelistrikan lain di dalam mobil yang tidak akan bekerja ketika tidak ada arus listrik yang mengalir. Begitu juga dengan motor air wiper tidak akan bekerja saat arus listrik yang dialirkan kecil.
4. Terdapat Kotoran yang Menumpuk
     Kotoran dan debu selalu menjadi musuh terbesar bagi mesin mobil. Jadi tidak hanya di wiper mobil. Namun hal ini wajar saja terjadi karena mobil yang sering digunakan. Permasalahannya dari kotoran ini ialah Anda tidak membawanya ke bengkel Auto2000 untuk dibersihkan.
Seluruh komponen air wiper, mulai dari tangki, selang, dan motornya perlu dicek serta dibersihkan secara berkala supaya dapat berfungsi normal sebagaimana yang seharusnya.
5. Switch Wiper Bermasalah
    Selain semua hal yang terjadi pada komponen air wiper. Tidak menutup kemungkinan bahwa masalah sebenarnya berada di tombol pada area kemudi. Tombol yang dikenal dengan sebutan switch wiper ini bisa rusak karena tegangan listrik yang terlalu rendah atau terlalu tinggi. Bisa juga diakibatkan karena adanya korsleting.
5 Cara Mengatasi Masalah Air Wiper Mobil Tidak Jalan
   Sekarang Anda telah mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan air wiper tidak jalan. Jadi apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kejadian ini?
Anda bisa langsung membawa mobil kesayangan ke bengkel Auto2000 agar air wiper mobil yang mati bisa langsung diperbaiki. Biasanya para teknisi melakukan beberapa hal berikut untuk mengembalikan kondisi air wiper seperti sediakala.
1. Melakukan Pengecekan Tangki Air Wiper
     Umumnya teknisi akan langsung membuka kap mobil dan mengecek tangki air wiper. Tangki air wiper atau reservoir bisa saja berlumut atau mengalami kebocoran. Jika hanya berlumut maka tangki akan langsung dibersihkan supaya tidak ada lagi yang menghambat air wiper. Tetapi kalau ternyata terlihat ada kebocoran maka reservoir akan diganti dengan yang baru.
2. Mengecek Selang Air Wiper
     Tidak hanya tangki air, teknisi juga akan mengecek selang yang berguna sebagai jalan bagi air mengalir. Selang ini bisa saja terlepas, longgar atau bocor karena satu dan lain hal. Selang yang tidak berada pada posisi semula akan langsung dipasang kembali oleh teknisi.
Nantinya selang juga akan dipastikan sudah berada di posisinya serta tidak longgar atau bahkan terlepas. Selang yang didapati sudah bocor pastinya akan langsung diganti oleh teknisi.
3. Mengganti Sekring yang Rusak
     Selama pengecekan tentu akan terlihat apa saja yang menjadi penyebab air wiper tidak keluar. Apabila sekring termasuk salah satunya maka teknisi akan langsung mengganti dengan yang baru. Sekring yang sudah rusak tidak bisa diperbaiki lagi, jadi lebih baik kalau langsung diganti dengan yang baru.
4. Mengecek Sistem Kelistrikan
     Setelah semua komponen air wiper mobil diperiksa, diperbaiki, dan diganti maka ini waktunya untuk melakukan pengecekan pada area lainnya yang masih terhubung dengan wiper.
Teknisi pasti akan melakukan pengecekan menyeluruh pada sistem kelistrikan yang bermasalah. Pasalnya satu komponen listrik yang bermasalah bisa memengaruhi kinerja komponen mesin mobil yang lain.
5. Membersihkan Semua Komponen
Terakhir, para teknisi akan membersihkan semua komponen kotor yang dapat mengganggu kinerja air wiper mobil. Jadi saat Anda membawa mobil ke bengkel, para teknisi akan memastikan semua komponen mesin mobil bersih.
Itu dia informasi mengenai air wiper mobil tidak jalan. AutoFamily telah belajar satu lagi informasi penting mengenai mobil kesayangan. Mulai dari fungsi air wiper mobil yang sangat penting selama berkendara sampai penyebab dan cara mengatasinya.
    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya pemeliharaan air wiper mobil ini memang sangat penting. Tetapi jangan lupa bahwa pemeliharaan komponen-komponen lain juga sama pentingnya. Oleh karena itu para teknisi akan melakukan pengecekan menyeluruh setiap kali AutoFamily pergi ke bengkel Auto2000.
Jadi mereka tidak hanya mengecek satu bagian yang Anda keluhkan, melainkan semua bagian. Kalau begitu jangan tunda lagi membawa mobil kesayangan AutoFamily ke bengkel Auto2000 terdekat. Supaya tidak menunggu terlalu lama, AutoFamily bisa langsung mendaftarkan jadwal kedatangan melalui Auto2000 Digiroom.
Tidak usah khawatir kalau AutoFamily tidak bisa pergi ke bengkel Auto2000 secara langsung. Manfaatkan saja layanan Home Service yang bisa dipesan melalui Auto2000 Digiroom. Membutuhkan suku cadang atau informasi mobil Toyota lainnya? AutoFamily bisa langsung mengunjungi Dealer Toyota Kabupaten Tabanan. Dapatkan promo dan kupon spesial hanya untuk AutoFamily sekarang juga!

You might be interested in …