6 CARA MERAWAT WIPER MOBIL AGAR BISA BERFUNGSI MAKSIMAL


  Merawat wiper mobil adalah hal yang penting dilakukan demi keselamatan mengemudi. Meskipun saat ini sebagian wilayah Indonesia mulai mengalami hujan yang tidak terlalu sering, bukan berarti wiper boleh diabaikan dari perawatan. Bagian ini memiliki fungsi krusial untuk menjaga jarak pandang saat berkendara. Wiper yang rusak atau tidak dirawat akan berdampak pada keselamatan AutoFamily, khususnya pada saat turun hujan. Jadi bagaimana cara merawat bagian ini dengan benar?
Berbagai Cara Merawat Wiper Mobil
  Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan dalam menjaga atau merawat kondisi wiper mobil. Sehingga nantinya akan bisa berfungsi dengan baik dan aman dari berbagai masalah.
1. Cek Kondisi Karet Wiper
  Wiper mobil terdiri dari bagian blade (rangka besi) dan karet. Rangka besi berfungsi sebagai penyangga, sementara karet memiliki fungsi untuk menghalau dan menyapu air hujan dari kaca depan kendaraan.
Bagian karet adalah komponen yang harus Anda jaga performanya. Apabila kondisinya tidak terjaga, bagian karet akan mudah rusak dan tidak berfungsi optimal.
Oleh karena itu, lakukan perawatan untuk menjaga kondisi karet wiper. Pastikan tidak memarkir kendaraan di lokasi yang panas. Sebab, suhu tinggi akan diserap oleh kaca dan berdampak pada wiper.
Seiring dengan berjalannya waktu, karet akan mengering dan pecah jika terus-terusan terpapar kaca mobil panas. Ada baiknya AutoFamily mengangkat dan mengganjal bagian dalam wiper untuk mencegah panas dari kaca mengenai karet.
2. Rawat Bagian Poros Wiper
  Di samping karet wiper mobil, bagian selanjutnya yang perlu AutoFamily jaga performanya adalah poros.
Bagian poros memiliki peran yang krusial untuk menjaga pergerakan wiper selama berkendara di musim hujan. Perhatikan poros wiper, jika tampak ada masalah atau kerusakan maka segera bawa mobil Anda ke bengkel Auto2000.
3. Berhati-hati Saat Mencuci
  Saat AutoFamily melakukan cuci mobil Toyota, berhati-hatilah ketika membersihkan dan mengelap bagian wiper mobil.Sebab, pada sisi permukaan karet wiper terdapat cairan khusus yang berfungsi sebagai pelindung dan pelembab.Jangan sampai lap yang AutoFamily gunakan untuk mengeringkan bodi mobil justru ikut menghilangkan cairan ini, ya.
4. Merawat Bagian Wiper dengan Menyiram
  Cara merawat wiper bisa dilakukan dengan menyiram komponen ini dengan air bersih alih-alih menggunakan sabun cuci kendaraan. Cukup bilas wiper dengan air bersih dan bersihkan dari kotoran dan debu yang menempel.
Hindari menggunakan lap untuk mengeringkan bagian permukaan wiper, karena bisa berisiko menghilangkan cairan khususnya.
5. Isi Cairan wiper
  Selain merawat bagian luarnya, wiper mobil pun perlu dirawat dari bagian dalam. Perawatan dilakukan dari ruang mesin. Di sana, terdapat sebuah tangki khusus untuk cairan pembersih kaca mobil. Kebanyakan, tangki akan diisi dengan air biasa. Namun, demi menjaga performa wiper, AutoFamily bisa mengisinya dengan cairan pembersih khusus produk wiper. Cairan ini dapat melicinkan bagian kaca sehingga pergerakan wiper tidak tersendat. Hal ini juga bertujuan menghindarkan kaca dari goresan wiper. Hasil yang didapatkan terlihat dari air cairan wiper mobil langsung terisi penuh sehingga dapat memudahkan penggunaannya sepanjang perjalanan.
6. Ganti Wiper secara Berkala
  Meskipun telah dilakukan perawatan, bukan berarti AutoFamily bisa menggunakan wiper untuk selamanya. Umumnya, komponen ini memiliki jangka waktu pemakaian satu tahun.
Itu artinya, setelah satu tahun digunakan, Anda perlu mengecek kondisinya secara menyeluruh. Apabila timbul suara decit saat digunakan, serta karet terlihat getas, maka sudah saatnya Anda mengganti wiper lama dengan yang baru. Penggantian wiper bisa berupa karetnya saja atau juga bagian dudukannya. Untuk mengetahui bagian mana yang perlu diganti setelah satu tahun pemakaian, AutoFamily bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu di bengkelAuto2000. Apabila keduanya sudah usang, maka Anda bisa melakukan penggantian untuk karet dan dudukan. Pastikan memilih wiper berdasarkan mobil yang Anda punya, karena ukuran wiper berbeda-beda.
Itulah tadi rangkaian perawatan wiper mobil terbaik yang bisa dicoba. Pastikan selalu menjaga performa mobil bahkan hingga bagian wiper. Selain itu, bagi Anda yang tinggal di Banjarmasi dan tertarik untuk mencari produk mobil Toyota, maka silakan kunjungi Dealer Toyota Banjarmasin. Dapatkan pelayanan terdepan dan terbaik dari Auto2000.

You might be interested in …