3 PENYEBAB JARUM RPM MOBIL MATI DAN CARA MENGATASI


    Penyebab jarum RPM mobil mati memiliki berbagai alasan. Dari alasan yang paling sederhana sampai yang paling sulit. Namun terlepas dari tingkat kesulitannya, AutoFamily tetap tidak dianjurkan untuk memperbaikinya secara mandiri.
Jika ada sesuatu yang salah maka AutoFamily harus segera membawanya ke bengkel Auto2000 terdekat untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan. Serahkan saja kepada teknisi yang sudah ahli agar mobil kesayangan AutoFamily dapat kembali kepada keadaan normal.
     Namun apakah AutoFamily tahu apa itu RPM dan bagaimana cara teknisi memperbaikinya? Jika belum, AutoFamily dapat langsung menyimak informasi di bawah ini hingga selesai.
Apa itu Jarum RPM Mobil?
    Jarum RPM merupakan suatu fitur di dalam mobil yang berguna untuk mengukur putaran mesin. Putaran tersebut dihitung dalam satuan menit seperti yang ada di dalam berbagai tipe mobil.
RPM sendiri mengacu kepada Revolutions per Minute. Dari namanya saja sebenarnya sudah jelas bahwa perhitungan putaran dilakukan dalam satuan menit. Biasanya Anda akan melihat jarum RPM ini di area yang sama dengan speedometer.
Fungsi Jarum RPM pada Mobil
    Keberadaan jarum RPM berfungsi untuk memberitahukan Anda mengenai putaran mesin. Jarum RPM sekilas akan terlihat sama seperti speedometer. Namun jika Anda lihat lebih teliti maka hanya akan terlihat angka 0 sampai 8. Jarum hanya dapat mengarah kepada 9 angka tersebut.
Umumnya besaran kekuatan yang dikeluarkan mesin mobil hanya dianjurkan mencapai angka 3. Angka 3 saja sudah menandakan bahwa putaran mobil Anda per menit ialah 3000 RPM. Angka 3000 didapatkan dari rumus yang tertera dalam jarum RPM mobil. Di sana tertulis “1/min x 1000” ini berarti jarum yang mengarah ke angka 3 dapat dikali dengan 1000.
3 Penyebab Jarum RPM Mobil Mati
     Jarum RPM mobil yang mati bisa diakibatkan oleh berbagai alasan. Setidaknya ada tiga alasan yakni masalah di sistem kelistrikan, kalibrasi, dan juga panel. Berikut masing-masing penjelasannya.
1. Sistem Kelistrikan
    Sistem kelistrikan yang bermasalah dapat membuat jarum RPM tidak bekerja alias mati. Masalah sistem kelistrikan ini tidak lain tidak bukan adalah korsleting atau arus pendek yang dapat terjadi di bagian dalam mesin mobil.
Arus pendek atau korsleting ini juga dapat diakibatkan oleh alasan lain yang sebenarnya harus Anda periksakan kepada teknisi berpengalaman. Ketika menemukan bahwa jarum RPM mati maka sudah seharusnya Anda langsung membawa mobil ke bengkel Auto2000 terdekat untuk dicek dan diganti jika diperlukan.
2. Kalibrasi
     Penyebab selanjutnya terdapat dalam kalibrasi. Kalibrasi RPM atautachometer yang tidak sinkron dapat langsung membuat jarum tidak berfungsi dengan baik. Jika Anda melihat tanda-tanda seperti jarum RPM yang naik turun atau bahkan tidak stabil maka bisa dipastikan bahwa ada yang salah dengan kalibrasi tersebut.
3. Panel
     Kesalahan dalam panel juga menjadi penyebab matinya jarum RPM. Panel dalam mobil khususnya di area dashboard bukan hanya jarum RPM, tetapi ada juga speedometer serta indikator lainnya.
Ini berarti kesalahan pada panel apa saja dapat membuat panel lainnya terdampak. Contohnya saat panel speedometer mengalami kerusakan maka jarum RPM dan indikator lain menjadi tidak stabil atau bahkan tidak mau menyala.
3 Cara Mengatasi Jarum RPM Mobil Mati
    Jarum RPM yang mati tidak boleh Anda biarkan terlalu lama. Bahkan Anda tidak boleh membawa mobil berkendara saat jarum RPM mati. Pasalnya jarum ini perlu hidup supaya Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti gigi.
Pergantian gigi sangat penting untuk memastikan bahwa mesin bekerja sesuai dengan yang seharusnya dan tidak kepanasan (overheating). Itu sebabnya jika Anda menemui masalah ini, langsung saja segera dibawa ke bengkel Auto2000. Umumnya teknisi ahli akan melakukan beberapa tindakan berikut, namun bisa saja berbeda penanganan antara satu mobil Toyota dengan yang lainnya.
1. Mengganti Sistem Kelistrikan yang Rusak
     Teknisi akan langsung mengecek seluruh komponen kelistrikan yang berkaitan dengan jarum RPM. Pengecekan awal dilakukan untuk mengetahui komponen mana yang rusak atau mengalami arus pendek.
Jika akar utama masalahnya sudah ditemukan maka teknisi akan langsung mengganti komponen tersebut dengan yang baru agar jarum RPM dapat kembali berfungsi.
2. Melakukan Kalibrasi Ulang
     Kalibrasi ulang dilakukan agar tachometer yang tidak sinkron dapat kembali berfungsi dengan baik. Kalibrasi berarti melakukan pengaturan ulang terhadap jarum RPM yang bergerak pada posisi yang salah.
Jarum RPM dapat berubah posisi apabila tidak dirawat dengan baik. Untuk itu sangat penting untuk melakukan pengaturan ulang agar jarum RPM berada di posisi yang tepat.
3. Mengganti Panel yang Bermasalah
      Panel pada areadashboard terhubung dengan beberapa fitur seperti speedometer perlu dicek secara menyeluruh. Saat ada kesalahan pada salah satu panel tersebut maka teknisi akan langsung menggantinya dengan yang baru.
Hal ini dilakukan untuk memastikan jarum RPM dan bagian lainnya dapat kembali bekerja secara normal.
Kunjungilah Bengkel Auto2000 Terdekat
     Kini AutoFamily sudah lebih mengerti tentang definisi dan penyebab jarum RPM mobil mati. Bahkan informasi bagaimana teknisi mengatasi masalah ini juga sudah dipelajari. Ketika masalah ini terjadi, AutoFamily tidak perlu panik dan langsung saja bawa mobil ke bengkel Auto2000 terdekat. Teknisi ahli Auto2000 pasti akan memperbaiki berbagai penyebab matinya jarum RPM mobil AutoFamily. Tidak bisa membawa mobil ke bengkel Auto2000? AutoFamily bisa langsung memesan layanan Home Service melalui Auto2000 Digiroom. Semoga informasi ini menambah wawasan baru bagi AutoFamily tentang dunia otomotif terkhusus mobil. Jika AutoFamily memiliki pertanyaan atau ingin berkonsultasi mengenai mobil kesayangan maka jangan ragu untuk menghubungi tim Auto2000. Tim Auto2000 akan siap menjawab berbagai pertanyaan serta melayani kebutuhan AutoFamily. Jika AutoFamily membutuhkan informasi lainnya terkait mobil seperti Toyota Corolla Cross, langsung saja kunjungi Auto2000 Digiroom. AutoFamily akan mendapat informasi lengkap mengenai spesifikasi hingga harga terbaru yang ditawarkan. Tunggu apalagi? Segera kunjungi Auto2000 sekarang juga!.

You might be interested in …