3 JENIS PENANGANAN MOBIL TERENDAM BANJIR DI BENGKEL AUTO2000


  Curah hujan di Indonesia memang terkenal tinggi. Sebut saja Surabaya dan wilayah Jabodetabek. Di satu sisi, turunnya hujan memang membuat cuaca jadi terasa lebih sejuk. Namun, tidak dapat dipungkiri ada rasa was was akan potensi banjir. Bukan cuma rumah yang kemasukan air, tapi juga risiko mobil terendam banjir.
Kondisi tersebut tentu sangat merepotkan mengingat air bekas banjir yang kotor bisa menimbulkan berbagai masalah pada mobil. Mulai dari kabin yang bau dan kotor, gangguan pada sistem mekanis, komponen elektrikal, pengereman, hingga kerusakan mesin akibat kemasukan air.
Nah, agar kondisi mobil kembali prima, Anda bisa memperbaikinya di bengkel resmi Auto2000. Segera ajukan klaim mobil tergenang banjir dan tim Auto2000 akan perbaikan yang akan memuaskan AutoFamily.
Berbagai Potensi Kerusakan Setelah Mobil Terendam Banjir
Terdapat banyak masalah yang dapat muncul akibat mobil menerjang banjir ataupun terjebak dan terendam genangan air banjir. Selain kabin mobil yang kotor dan interior mobil yang bau, berikut ini adalah beberapa contoh masalah yang perlu diwaspadai apabila mobil Anda habis terkena banjir:
Kerusakan komponen mobil, terutama komponen kelistrikan
Korsleting listrik
Komponen mobil menjadi rentan berkarat
Kopling mobil lengket
Oli mobil tercampur air yang masuk
Timbul jamur pada interior mobil
Cara Penanganan Mobil Terendam Banjir
 Ada berbagai cara mengatasi mobil rusak atau bermasalah akibat terendam banjir. Tentunya bagian mesin mobil menjadi fokus pertama untuk diperbaiki. Selain masalah terkena banjir air yang masuk, mesin tercampur dengan air sudah hampir bisa dipastikan mengalami kerusakan.
Ada beberapa cara penanganan mobil terendam air yang dapat Anda lakukan sesuai jenis perbaikannya. Berikut ulasan selengkapnya dari Auto2000.
1. Light Repair
  Metode perbaikan kategori light repair atau perbaikan ringan diberikan kepada mobil terendam banjir hingga menyentuh atau mengenai karpet dasar. Demi memperbaiki kondisi mobil yang kondisinya demikian, tim Auto2000 akan melakukan serangkaian pekerjaan. Perbaikan yang dimaksud adalah pelepasan dan pengeringan karpet dasar mobil, pengecekan dan pembersihan sistem pengereman, overhaul motor starter, overhaul alternator, pengecekan dan penyetelan bearing roda, pemeriksaan elektrikal pada junction block dan wire-to-wire connection, melepaskan kabel yang rusak, hingga pengecekan power steering dan pengurasan minyak power steering hidrolis.
2. Medium Repair
  Jika mobil terendam banjir hingga airnya menyentuh sandaran jok, maka metode perbaikan yang dilakukan termasuk kategori menengah alias medium. Langkah-langkah perbaikan yang dilakukan Auto2000 pun akan lebih banyak dibanding pada perbaikan ringan.
Selain menerapkan seluruh pekerjaan pada metode perbaikan light, tim Auto2000 juga akan melepas dan mengeringkan jok, dashboard, doortrim, dan speaker; memeriksa head unit, radio tape, AC, panel dan lampu, sistem pengapian, sistem bahan bakar, saringan udara, dan alarm mobil; serta menguras oli transmisi dan gardan, oli mesin, menguras tangki bensin atau bahan bakar, dan transmisi otomatis. Apabila diperlukan, Auto2000 juga menyediakan layanan menghilangkan bau dan mengganti komponen yang rusak.
3. Heavy Repair
  Apakah banjir di area Anda terhitung parah, bahkan sampai membuat mobil Toyota kesayangan terseret arus air atau terendam hingga atap? Apabila ini kondisinya, kemungkinan besar Anda membutuhkan metode perbaikan kategori heavy karena mobil terendam banjir hingga mencapai ketinggian di atas plafon.
Mengingat kondisinya paling parah dibandingkan dengan kedua kategori sebelumnya, maka penanganannya pun tentu makin berat. Selain membersihkan dan mengganti plafon mobil, teknisi Auto2000 akan membongkar mesin bila diperlukan.
Tips Menghadapi Musim Hujan
  Sebelum proses “pengobatan” tentu ada pencegahan. Penting untuk tidak sengaja melintasi hujan deras dan daerah banjir dengan mobil Toyota, atau membiarkan mobil tersebut terendam banjir, sebab pada dasarnya mobil adalah kendaraan yang berjalan di atas permukaan aspal atau tanah. Berikut adalah hal yang perlu Anda lakukan dalam menghadapi musim hujan mendatang:
Posisikan mobil agar tidak mudah terendam banjir
Memindahkan mobil menuju lokasi parkir yang lebih baik sangat disarankan
Lepas kabel aki dari mobil untuk mencegah kerusakan komponen listrik mobil dan juga korsleting listrik
Keluarkan barang penting dari mobil seperti buku servis atau dokumen-dokumen yang tersimpan di dalam kendaraan
Lepas karpet interior mobil
Tentu tidak ada yang mau mengalami mobil tergenang air banjir. Namun, jika AutoFamily mengalami hal tersebut, membawa mobil Toyota Anda ke cabang Auto2000 terdekat dari tempat tinggal Anda merupakan ide yang bagus.
Perlu AutoFamily ketahui juga, penanganan mobil yang terkena banjir bisa saja berbeda antara satu dengan yang lainnya. Demikian juga biaya yang dikenakannya, akan selalu menyesuaikan hasil penanganan dan analisa tim bengkel Auto2000.

You might be interested in …