3 CARA MENGHILANGKAN BAU AC MOBIL DENGAN MUDA


 Menggunakan AC saat melakukan perjalanan memberikan kenyaman tersendiri, karena akan menyejukkan udara di dalam kabin mobil. Namun, bagaimana jika AC mobil bau dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap? Anda tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa cara menghilangkan bau ac mobil yang akan diuraikan di bawah ini.
5 Penyebab AC Mobil Berbau Tidak Sedap
    AC pada mobil memberikan kenyamanan berupa udara sejuk bagi pengendara. Tak jarang juga pengendara menambahkan pewangi pada bagian AC agar tercium aroma wangi yang menyegarkan di dalam mobil.
Tetapi, pernahkah Anda mencium aroma tidak sedap yang keluar dari AC? Bau tersebut seperti bau gosong, bau asam, hingga bau apek. Ini biasanya terjadi pada mobil yang telah lama digunakan. Untuk mengatasi AC mobil yang bau, AutoFamily perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya di bawah ini.
1. Bau Akibat Freon yang Mau Habis
     Freon merupakan senyawa kimia yang biasa digunakan pada pendingin ruangan, termasuk AC mobil. Apabila mobil Anda sudah lama digunakan, maka freon juga akan berkurang. Freon yang hampir habis ini dapat memicu terjadinya bau apek pada AC mobil Anda. Kondisi ini biasanya akan diikuti juga oleh gejala lain seperti suhu AC yang tidak menjadi dingin.
2. Filter Kotor
     Filter yang kotor akan membuat AC tidak bekerja dengan baik, mulai dari AC tidak dingin hingga menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam kabin mobil. Filter AC ini bisa jadi terlihat bersih dari luar, tetapi akan sangat terlihat kotor di dalam karena penumpukan debu. Debu dan kotoran yang menumpuk akan menimbulkan jamur. Jamur inilah yang kemudian menyebabkan munculnya aroma tidak sedap saat AC dinyalakan.
3. Evaporator Berjamur
     Debu dan kotoran yang menumpuk bisa masuk ke dalam sistem AC mobil, tepatnya pada bagian evaporator. Jika Anda tidak membersihkannya secara berkala, maka evaporator akan berjamur. Kondisi ini yang kemudian menyebabkan AC mobil bau tidak sedap. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara. Untuk itu, penting bagi Anda membersihkannya secara berkala menggunakan air mengalir.
4. Bau Karena Kerusakan Tangki Bensin
     Terkadang, aroma tidak sedap yang muncul dari AC mobil bisa saja berupa aroma bensin. Jika ini terjadi, artinya terdapat kerusakan pada tangki bensin mobil Anda. Tutup tangki bensin yang sudah kendor biasanya menjadi penyebab utama AC mobil menimbulkan bau bensin yang menyengat. Ketika mobil dinyalakan, bau bensin ini akan semakin tercium dan menyebar ke AC kabin mobil Anda.
5. Grill Kotor
     Grill merupakan komponen mobil bagian depan atau dashboard yang berbentuk mirip seperti ventilasi. Grill ini berfungsi sebagai filter udara di dalam kabin mobil. Jika grill mobil Anda kotor, maka dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Ketika AC dinyalakan, bau ini akan semakin menyebar dan mengganggu kenyamanan. Grill yang kotor biasanya disebabkan debu dan kotoran yang menumpuk.
3 Cara Menghilangkan Bau AC Mobil
    Sebenarnya, cara menghilangkan bau tidak sedap pada AC perlu disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Karena bau AC mobil Toyota terbaru pada dasarnya tidak mengeluarkan bau yang menyengat. Adapun bau menyengat tersebut dipastikan adanya hal yang tidak beres pada sistem AC. Jika hal ini terjadi, segera bawa mobil Anda ke bengkel Auto2000 untuk dicek dan diperbaiki. Anda dapat menggunakan layanan Home Service dengan mengunjungi Auto2000 Digiroom.
Akan tetapi, secara umum berikut cara menghilangkan bau AC mobil yang dapat AutoFamily lakukan sendiri dalam kondisi mendesak.
1. Bersihkan atau Ganti Filter Kabin
     Filter kabin yang berada di dalam AC berfungsi menyaring udara dari kotoran dan debu. Jika filter kabin ini dibiarkan terlalu lama hingga terjadi penumpukan kotoran dan debu, tentu akan menghasilkan bau yang tidak sedap.
Terlebih jika pada filter ini terdapat bangkai serangga seperti cicak, maka akan menimbulkan bau yang sangat menyengat. Maka dari itu, Anda perlu membersihkannya secara berkala atau jika perlu dilakukan penggantian filter kabin. Jika sudah terlalu kotor, jangan tunda untuk membawa mobil tersebut ke bengkel Auto2000 untuk mendapat penggantian filter kabin asli Toyota.
2. Cek Kebocoran Refrigerant
     Refrigerant merupakan salah satu komponen pada AC mobil. Apabila komponen ini mengalami kerusakan seperti kebocoran, maka berpotensi mengeluarkan bau yang tidak sedap. Untuk itu, cek secara berkala seluruh komponen pada AC mobil Anda di bengkel Auto2000 untuk menghindari hal tersebut.
3. Ganti Parfum Mobil
     Parfum atau pewangi yang Anda simpan di dalam mobil, berpotensi menimbulkan bau tidak sedap apabila sudah terlalu lama tidak diganti. Bau yang sering muncul yaitu bau apek. Upayakan ganti parfum mobil secara berkala dengan kandungan alkohol yang tidak terlalu tinggi. Penting juga untuk mengetahui bahan-bahan pembuatan parfum tersebut agar sesuai dengan selera Anda.
3 Cara Perawatan AC Mobil Supaya Tidak Mudah Bau
   Perawatan AC mobil perlu dilakukan secara berkala oleh pemilik kendaraan. Selain melakukan servis rutinan, terdapat beberapa cara perawatan AC mobil yang dapat Anda lakukan supaya tidak mudah bau. Berikut masing-masing penjelasannya.
1. Jaga Kebersihan Kabin Mobil
    Jaga kebersihan kabin mobil Anda dari penumpukan debu dan kotoran. Hal ini karena berpotensi membuat AC mobil Anda menghembuskan angin yang tidak sehat karena kotor. Selain itu, debu dan kotoran yang menumpuk dapat menjadi penyebab AC tidak mengeluarkan udara dingin.
2. Hindari Membuka Kaca Mobil Saat Berkendara
     Upayakan untuk tidak membuka kaca jika tidak ada kepentingan. Hal ini agar udara kotor tidak masuk ke dalam kabin mobil, sehingga membuat kinerja AC tidak terlalu berat karena udara di dalam mobil selalu dingin.
3. Jangan Merokok di Dalam Mobil
     Bau asap rokok akan sulit dihilangkan karena telah menempel pada berbagai sudut kabin mobil. Asap rokok juga berpotensi merusak sirkulasi udara pada AC mobil, sehingga aroma tidak sedap dari nikotin akan bercampur dengan udara pendingin kabin. Hal inilah yang kemudian menyebabkan bau pada AC mobil.
    Demikian cara menghilangkan bau AC mobil dengan mudah yang dapat AutoFamily lakukan. Selain mempraktekkan cara-cara di atas, penting untuk melakukan servis mobil secara berkala di bengkel Auto2000. Anda dapat menggunakan layanan Home Service dengan mengunjungi Auto Digiroom.

You might be interested in …