3 CARA CEK AKI MASIH BAGUS ATAU TIDAK


     Bagaimana cara cek aki masih bagus atau tidak? Perlu diingat AutoFamily tidak dianjurkan untuk membongkar mobil secara mandiri. Alasannya karena AutoFamily bisa saja tidak sengaja merusak beberapa komponen saat ingin mengecek aki. Bukankah lebih baik menyerahkannya kepada teknisi berpengalaman daripada mengerjakannya sendiri? Itu sebabnya AutoFamily harus segera membawa mobil ke bengkel Auto2000 saat menemukan masalah.
Namun bagaimana jika AutoFamily berada dalam keadaan darurat dan tidak bisa membawanya ke bengkel? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan tanpa membongkar mobil. Simak cara-caranya di bawah ini.
3 Cara Cek Kondisi Aki Mobil Masih Bagus atau Tidak
Saat Anda berada dalam kondisi mendesak seperti mobil tiba-tiba mati atau tidak bisa menyala maka jangan langsung panik. Kepanikan hanya membuat Anda tidak bisa berpikir jernih untuk mencari solusi. Tenangkan diri Anda dan coba lakukan tiga hal berikut ini.
1. Lihat Indikator Elektrolit
    Indikator elektrolit bisa dilihat pada bagian kap mobil depan. Tidak perlu membongkar bagian apa pun. Langsung saja perhatikan bagian atas dari aki mobil, seharusnya Anda akan melihat indikator tersebut.
Apabila Anda melihat indikator berwarna biru maka aki masih dalam keadaan baik. Tetapi jika warna indikator merah atau putih maka tandanya aki sudah tidak bagus.
2. Perhatikan Lampu Indikator
   Selanjutnya terdapat lampu indikator di dalam kabin mobil, khususnya di bagiandashboard area kemudi. Indikator lampu seharusnya menyala ketika Anda memasukkan kunci mobil dan memutarnya.
Tanpa harus terlebih dahulu distarter, seharusnya semua lampu indikator di area dashboard menyala. Tetapi jika Anda menemukan lampu indikator aki tidak menyala maka ini adalah sinyal bahwa ada sesuatu yang tidak beres.
3. Coba Hidupkan Mobil
    Terakhir, Anda bisa mengeceknya dengan menghidupkan mobil. Jika Anda menemukan bahwa mobil tidak menyala dalam beberapa waktu maka ada kemungkinan bahwa aki sudah kurang baik.
5 Ciri Aki Mobil Sudah Kurang Baik
Anda harus selalu membawa mobil untuk perawatan berkala ke bengkel Auto2000 supaya kondisinya tetap prima. Jangan tunggu sampai mesin mobil mati terlebih dahulu baru Anda membawanya ke bengkel.
Kegunaan service atau perawatan berkala ialah untuk memastikan bahwa seluruh komponen masih layak digunakan. Tentu Anda akan sangat kerepotan jika aki mobil tiba-tiba soak, bukan? Selain itu ada beberapa ciri yang perlu Anda ketahui saat aki mobil sudah tidak bagus. Berikut ciri-ciri sekaligus penjelasannya.
1. Klakson Tidak Nyaring
   Suara klakson tidak lagi nyaring? Atau bahkan tidak lagi bersuara? Hal ini dapat menandakan bahwa aki mobil Anda sudah kurang baik.
Memang benar bahwa masalah suara klakson yang besar atau kecil tidak hanya karena aki. Bisa saja karena klakson itu sendiri yang sudah tua serta harus diganti. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa aki menjadi penyebabnya.
2. Lampu Mobil Redup
    Ciri selanjutnya ialah lampu mobil Anda mulai redup. Jika Anda menemukan suara klakson kecil ditambah lampu mobil depan yang mulai redup maka sangat mungkin bahwa aki sudah harus diganti.
Pasalnya lampu hanya dapat mengeluarkan cahayanya ketika ada arus listrik yang menjadi sumber tenaga. Ketika arus listrik dialirkan dengan kekuatan penuh harusnya lampu dapat menyala sangat terang.
3. Sulit Menyalakan Mobil
   Ciri aki yang sudah tidak bagus juga ditandai dengan kesulitan menyalakan mobil. Jika biasanya mobil Anda langsung menyala begitu tuas kunci diputar, maka sangat mungkin bahwa aki tidak lagi memiliki tegangan yang cukup.
Seperti yang sudah sempat disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa melihat lampu indikator aki yang berada di area kemudi. Saat lampu indikator tidak menyala maka bisa dipastikan bahwa aki Anda lemah atau perlu diganti dengan yang baru.
4. Waktu Pemakaian Sudah Lewat
    Waktu rata-rata pemakaian aki mobil yang normal berkisar antara 2 sampai 5 tahun. Sangat wajar apabila lampu redup dan suara klakson tidak nyaring lagi karena pemakaian aki yang telah melewati batas waktu.
Kalau sudah begini Anda tidak boleh menunda melakukan penggantian aki ke bengkel Auto2000. Pembiaran aki yang sudah tidak layak digunakan akan membahayakan Anda saat berkendara di jalan.
Saat ini mungkin hanya berdampak ke lampu dan klakson, tetapi bagaimana kalau akhirnya mobil Anda yang tidak bisa menyala? Sangat repot, bukan?
5. Tercium Bau Tidak Sedap
    Mencium bau tidak sedap saat menghidupkan mobil? Ini bisa jadi pertanda bahwa aki mobil sudah tidak baik atau bahkan rusak. Bau yang tidak sedap tentu mengganggu kenyamanan saat berkendara.
Bayangkan kalau Anda dan keluarga melakukan perjalanan jauh dengan mesin mobil yang mengeluarkan bau. Pasti seluruh orang di dalam mobil akan merasa pusing, kesulitan bernapas, atau muntah-muntah.
Perjalanan yang seharusnya hanya membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam, kini menjadi 5 jam karena harus berhenti lama di rest area.
     Kunjungi Bengkel Auto2000 untuk Menangani Aki yang Sudah Rusak
Aki memainkan peranan yang sangat penting bagi mobil. Aki merupakan sumber tenaga bagi seluruh komponen kelistrikan supaya dapat berfungsi dengan baik. Jika tegangan aki melemah maka semua komponen kelistrikan tidak bisa bekerja.
Jangankan untuk menyalakan lampu dan klakson, menghidupkan mobil saja pasti kesulitan. Itu sebabnya aki yang lemah harus segera diganti. Anda perlu langsung membawanya ke bengkel Auto2000 agar teknisi dapat langsung menggantinya dengan baik dan benar.
Ini juga alasan mengapa Anda dianjurkan untuk melakukan service mobil secara berkala. Selain mengecek aki, komponen mesin lain juga pasti akan diperiksa kelayakannya.

You might be interested in …